Upin Ipin untuk episode yang kedua berjudul Dugaan. Episode yang kedua ini juga menyuguhkan cerita yang menarik bagi para penonton. Masih sama dengan episode yang pertama rupanya di episode kedua ini serial Upin Ipin masih mengisahkan tentang puasa yang dijalankannya. Bahkan ada sebuah tantangan yang hampir saja membuat si kembar batal puasa.

Setting cerita

Kisah di episode kedua ini diawali dengan suasana pagi hari yang diwarnai dengan kesibukan si saudara kembar dalam mencari makanan di dapur rumah. Bahkan sang kakak adik kembar ini mencari makanan hingga ke lemari penyimpanan makanan yang berada di dapur. Namun sialnya tidak ditemukan makanan yang sedang dicari-carinya. Tak lama kemudian datanglah Kak Ros yang kemudian mengingatkan pada adik kembarnya tersebut bahwa hari itu mereka haruslah berpuasa. Maka tak aka nada makanan baik di meja makan maupun di dapur. Kak Ros juga tidak masak selama puasa masih dijalankan. Tentu saja hal ini membuat Upin dan Ipin menjadi kecewa dan kesal.

Upin dan Ipin bermain di luar rumah

Segera setelah keluar dari rumah langsung saja Upin dan Ipin bermain dengan temannya seperti biasa yaitu Mei Mei dan Rajoo. Seperti biasa pula mereka bermain di depan halam rumah Opah. Lalu keempat anak ini bermain sorot-sorotan. Permainan yang tampak seru dan menantang ini dilakukan dengan menggunakan media berupa daun kelapa. JAdi pada saat permainan si Ipin duduk di atas daun kelapa lalu ditarik oleh Upin. Demikian pula Mei Mei duduk di atas daun kelapa dan ditarik oleh Rajoo. Namun saat berlomba ternyata Upin dan Ipin yang menang. Kemenangan Upin dan saudaranya Ipin ini disambut dengan adanya minuman yang diberikan oleh Rajoo kepada mereka berdua.

Upin dan Ipin hampir lupa puasa

Sehabis bermain tentu saja keempat anak ini kelelahan dan tentunya mereka juga haus. Maka minuman yang ditawarkan oleh Rajoo hampir saja diminum oleh si kembar. Untungnya Mei Mei segera mengingatkan Upin dan Ipin bahwa mereka saat itu sedang berpuasa. Mei Mei juga tak segan-segan untuk menasehati Upin dan Ipin. Mendengar nasihat dari Mei Mei akhirnya permianan dihentikan dan semua kembali ke rumah masing-masing.

Si kembar kelaparan dan bertengkar

Sesampainya di rumah kemudian Upin dan Ipin yang menahan lapar diberikan buku baru oleh Kak Ros. Namun sayangnya si kembar kemudian saling berebut buku baru. Sbeab di dalam buku baru tersebut terdapat banyak gamabr makanan yang sangat menggiurkan. Hal inilah yang membuat kakak beradik tersebut bertengkar sementara Kak Ros masih menyiapkan makanan untuk waktu berbuka. Sebelum cerita berakhir diceritakan pula bahwa si kembar tertidur pulas setelah bertengkar. Keduanya tampak lucu sekali dan menggemaskan baik saat bertengkar maupun saat tertidur.

Upin Ipin di episode kedua ini tampak lebih menggemaskan. Adegan yang lucu dan menarik disajikan secara bagus pada episode ini. Selain itu cerita dan kisah di episode ini diwarnai pula dengan adanya amanat yang terbaik terutama bagi anak-anak yang saat ini sedang menjalani puasa di bulan Ramadhan. Kisah ini juga menceritakan tentang upaya Kak Ros yang selalu menghadapi adik kembarnya dengan lebih sabar. Apa yang dilakukan oleh Kak Ros ini tampaknya bisa menginspirasi banyak orang dalam mengatasi anak kecil.