Bersamaan dengan bertambahnya umur, kemampuan seseorang dalam mengunyah pastinya akn berkurang, terlebih lagi mereka yang kehilangan beberapa gigi gerahamnya. Tak hanya itu, usia yang semakin lanjut kerapkali menimbulkan masalah mulut lainnya, sebut saja gigi berlubang, radang gusi, bau mulut, dan lain-lain.

Akan tetapi, masih ada kok cara merawat kesehatan gigi dan juga mulut yang bisa dilakukan oleh seseorang yang masuk usia lanjut, berikut caranya:

Tips SehatQ dalam merawat gigi dan mulut usia lanjut

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh CDC, potensi sebesar 23% orang usia lanjut akan terserang gangguan gigi serta mulut, maka hal ini bisa dilakukan sebagai upaya pencegahannya.

Kurangi jenis makanan yang mengandung gula tinggi

Untuk mencegah gangguan mulut menyerang, anda bisa mengupayakan dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung pati serta kadar gula tinggi. Tak hanya lansia, bahkan usia berapapun akan beresiko terkena gangguan mulut jika terlalu banyak konsumsi dua makanan di atas.

Tukang Taman Jakarta Profesional dan Terpercaya

Tukang Taman Jakarta https://niscalagarden.web.id/ adalah jasa profesional Design dan Kontraktor Landscape yang mengerjakan berbagai macam type atau model taman mulai dari Taman Mediterania, Taman Minimalis, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Klasik, Taman Vertikal, Taman Kering, dan juga mengerjakan taman untuk penghijauan perumahan, Pabrik, Kantor, Hotel, Universitas. dll

Kunjungi tukang taman jakarta apabila anda menginginkan taman anda rapi dan indah dipandang mata. Jangan sampai taman anda seperti tempat pembuangan sampah.

Makanan yang mengandung pati, bisa menimbulkan plak di gigi serta berpotensi menjadi sarang bakteri. Sementara itu, kadar gula yang terlalu tinggi pada makanan, berpotensi mengikis kekuatan gigi dan menyebabkannya rusak atau berlubang. Hal ini berlaku pula terhadap makanan yang mengandung pemanis buatan, karena tak hanya berbahaya bagi kesehatan gigi, kadar berlebihan bisa merusak organ tubuh lainnya.

Penting tuk selalu rutin menyikat gigi setiap hari

Agar terhindar dari masalah serius di usia lanjut, pastikan anda rutin tuk membersihkan gigi sehari dua kali, dan juga flossing gigi. Perlu diingat! Kedua upaya ini terbilang cara melakukan perawatan gigi yang paling mendasar, apapun kondisi dan usia anda.

Dengan sikat gigi, anda bisa mencegah penumpukan plak penyebab bateri dan infeksi pada gusi. Selain itu, untuk memaksimalkan perawatan gigi dan mulut, mungkin anda bisa menggunakan cairan pembersih mulut dengan kandungan pembersih yang ekstra.

Jangan ragu tuk periksa ke dokter gigi

Jangan pernah ragu untuk rutin periksa kesehatan gigi ke dokter gigi. Kerapkali, seseorang merasa tak perlu ke dokter gigi karena menganggap giginya sehat dan kuat. Padahal, banyak dari kita yang tak mampu mendeteksi masalah gigi secara tepat dan awal, sehingga akan menyebabkan masalah di kemudian hari. Karena faktanya, dokter gigi bahkan bisa menemukan masalah gigi yang samar sekalipun, sehingga masalah besar akan bisa diantisipasi agar tidak timbul.

Jika punya kebiasaan merokok, jangan lanjutkan

Selain gula, rokok dapat merusak gigi dan mulut dengan sangat cepat, pun berpotensi menurunkan kekebalan tubuh dan juga menurunkan oksigen dalam darah. Bisa dikatakan, mereka yang merokok sangat rawan terhadap gangguan gusi dan mulit. Dalam kasus yang lebih parah, tak hanya gusi dan gigi, rokok berpotensi menyebabkan kanker mulut.

Giatkan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Jika ada makanan yang dilarang seperti pati dan gula, maka sebaliknya ada makanan yang disarankan tuk menjaga kesehatan gigi, bukan? Ya, makanan yang disarankan tentunya makanan sehat yang mengandung kalsium serta gizi tinggi tuk bantu pelihara keutuhan gigi.

Sebut saja seperti keju dan yogurt, dan makanan tinggi nutrisi lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi makanan bernutrisi, tak hanya sanggup mempertahankan kepadatan dan kekuatan gigi, tetapi turut menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kabar baiknya, apapun kebutuhan anda terkait merawat gigi, seperti produk berkalsium, anda bisa memperolehnya dengan sangat mudah di Toko SehatQ. Sebagai toko yang disediakan oleh platform kesehatan digital terbaik Sehatq.com, di sana banyak sekali produk unggulan yang akan bantu  anda pelihara kesehatan, utamanya gigi.