Tips Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

Sinar matahari yang terik menyebabkan kulit wajah kita banyak menyerap ultra violet. Tentu saja sinar ultra violet berdampak buruk bagi kulit wajah yang salah satunya dapat menyebabkan flek hitam dan juga membuat kulit tampak kusam.

Dengan demikian, tentunya wajah kita memerlukan penanganan khusus agar kecantikan kulit wajah dapat selalu terjaga.

Berikut beberapa tips dalam menjaga kecantikan kulit wajah Anda

Cuci muka dengan benar

Debu dan asap kendaraan yang menempel di wajah setiap kali kita bepergian dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat dan komedo.

Hal ini juga dapat mempercepat penumpukan sel kulit mati, dan mencegah kulit bernafas. Oleh karena itu, membersihkan wajah setelah bepergian adalah suatu keharusan.

Gunakan sabun atau pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita, dan dapat membersihkan sisa-sisa make up dengan sempurna.

Gunakan pelembab dan obat jerawat

Untuk kulit wajah kering, ingatlah untuk selalu menjaga kelembapan kulit. Mengoleskan krim pelembab merupakan perawatan kecantikan kulit wajah yang penting.

Karena dapat mencegah dehidrasi kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk kulit berminyak tetap disarankan untuk menggunakan pelembab, namun sebaiknya pilih yang berbahan dasar air.

Hindari bahan perawatan kulit tertentu

Hindari penggunaan make up yang berlebihan, dan gunakan make up sesuai kebutuhan. Karena make-up menutup pori-pori wajah yang menyebabkan kulit tidak bisa bernafas dan kekurangan nutrisi.

Lakukan scrubbing secara teratur

Untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang menutupi pori-pori wajah, maka kita perlu melakukan scrubbing secara rutin, seminggu sekali atau dua kali.

Seperti amplas yang menghaluskan lapisan kayu, scrub ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan regenerasi kulit, otomatis wajah akan terlihat cerah dan glowing.

Gunakan masker wajah

Lakukan masker wajah minimal seminggu sekali sesuai kebutuhan dan jenis kulit Anda. Penggunaan masker memang lebih baik dari bahan alami, namun bagi Anda yang sibuk cukup menggunakan masker yang banyak dijual di toko-toko.

Hindari sinar matahari langsung

Tips kecantikan kulit wajah berikut ini adalah menghindari kontak dengan sinar matahari langsung. Gunakan payung atau topi saat Anda berada di luar ruangan, atau gunakan lotion pelindung UV dengan tingkat SPF tinggi.

Lotion dengan SPF tinggi memang memiliki kecenderungan untuk menyumbat pori-pori kulit karena kandungan minyaknya yang tinggi. Oleh karena itu kita harus lebih selektif dalam memilih produk tersebut.

Gunakan krim malam untuk Anda yang berusia di atas 35 tahun

Pilih krim yang berfungsi memaksimalkan regenerasi kulit dan efektif menghilangkan kerutan di wajah.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah dengan pori-pori besar, sebelum tidur, Anda bisa merendam wajah dengan baskom berisi air dingin dan es batu. Atau cukup dengan mengoleskan es batu pada permukaan wajah. Berfungsi untuk menutup pori-pori wajah Anda.

Makan makanan sehat

Untuk jangka panjang, perawatan kulit wajah eksternal saja tidak cukup untuk membuat wajah awet muda dan cantik.

Oleh karena itu kita harus menyeimbangkannya dengan perawatan dari dalam, seperti dengan mengkonsumsi vitamin E, atau buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C.

Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari agar kelembapan kulit tetap terjaga, dan juga jangan lupa istirahat yang cukup untuk membantu regenerasi kulit wajah.

Itulah beberapa tips menjaga kecantikan kulit wajah yang perlu dilakukan agar kecantikan kulit wajah Anda dapat terjaga dan tetap terlihat awet muda.