Dalam memilih server terbaik untuk website tentu anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Anda wajib tahu terlebih dahulu bahwa surat mempunyai fungsi sebagai alat untuk transfer berkas atas permintaan pengguna lewat protokol komunikasi yang sudah ditentukan. Nah umumnya pemilihan lokasi server yang menjadi masalah, terutama bagi yang awam dalam pembuatan website.

Ada beberapa lokasi hosting server terbaik yang umumnya dipilih oleh para pemilik website. Meski bagi sebagian orang lokasi server bukan hal yang penting namun sejujurnya pemilihan lokasi adalah proses penting dalam pembuatan website.

4 Lokasi Server Terbaik

Jika berbicara soal server maka tentu tidak bisa dipisahkan dari domain dan hosting. Salah satu penyedia domain dan hosting terbaik saat ini yaitu DomaiNesia, memiliki empat lokasi server berbeda yang bisa jadi pilihan anda. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perbandingan antara lokasi server tersebut.

  • Server Indonesia

Karena Anda adalah orang Indonesia tentu website Indonesia akan lebih cepat diakses jika menggunakan server Indonesia pula. Belum lagi untuk lokasi servernya ini berada di Jakarta. Tentunya website yang anda miliki punya server yang berada langsung di wilayah Indonesia dan terhubung ke Indonesia Internet Exchange . Hal ini juga membuat latency yang rendah jika diakses dari koneksi lokal.

  • Server Japan

Server Japan dikatakan memang lebih stabil jika dibandingkan dengan server Indonesia. Tetapi anda perlu tahu satu fakta bahwa,  website disarankan untuk memilih lokasi server Japan jika target audience website milik Anda adalah pengunjung dari lingkup Asia. Tentunya jika memiliki kondisi tersebut, website akan semakin cepat untuk diakses.

  • Server London

Nah untuk lokasi server London tentunya sangat tepat bagi Anda yang punya pengunjung website deh dari wilayah Eropa dan sekitarnya. Ketika Anda memilih server UK ini maka para pengunjung bisa lebih cepat dalam pengaksesan website anda.

  • Server US

Untuk yang terakhir adalah server terbaik untuk website bisa anda pilih lewat lokasi US. Tentunya website anda akan jauh lebih cepat diakses dari mana saja dan juga lebih stabil jika menggunakan server US ini. Namun server US lebih disarankan bagi anda pemilik situs yang lain websitenya dikunjungi oleh ruang lingkup global. Artinya pengunjung website anda punya skala global.

Tips Dalam Memilih Server Terbaik Untuk Website

Nah sebelumnya anda tentu sudah mengetahui lokasi server terbaik untuk Website. Kini saatnya untuk memahami beberapa tips dalam memilih lokasi server hosting.

  • Target Audience

Pertama sekali harus Anda pahami adalah benar-benar mengenali target audience. Artinya anda tahu betul siapa saja calon target yang mengunjungi website setiap hari. Caranya sangat mudah yaitu dengan melakukan pengecekan dari mana saja asal orang-orang yang mengunjungi website anda. Jika website Anda menggunakan bahasa Indonesia dengan konten bahasa Indonesia pula maka otomatis lokasi server yang harusnya dipilih adalah Indonesia.

Atau jika anda punya website toko online peneliti juga siapa saja customer yang dimiliki. Bagi anda yang punya customer rata-rata orang Indonesia maka sudah pasti lokasi server yang dipilih adalah Indonesia pula.

  • Ketahui Jenis Website

Anda sebagai pemilik website tentu harus mengetahui jenis website yang sedang dibuat. Setelah memahami siapa saja target pengunjung anda tentu jenis website ini juga penting untuk diketahui. Ada beberapa jenis website yang umumnya dibuat oleh orang-orang menyadari website pribadi, website toko, website untuk profil perusahaan, website sebagai blog pribadi dan masih banyak lagi. Jika anda sudah mengetahui jenis website yang akan dibuat dibuat nantinya, tentu juga akan lebih mudah dalam pemilihan lokasi server.

  • Kecepatan Akses

Mengetahui dan memperhatikan kecepatan akses tentu juga penting. Artinya ketika website ada punya IP server dari Indonesia maka akan lebih mudah dan cepat diakses oleh para pengunjung yang punya IP Indonesia pula. Hal ini tentu punya kaitan lokasi server yang masih berdekatan. Tentu berbeda kecepatan aksesnya ketika Anda memilih lokasi server luar negeri.

Karena saat website Anda diakses akan melewati dulu dengan yang namanya internet exchange baru kemudian diteruskan ke server tujuan. Hal ini tentu memakan waktu yang lebih lama ketimbang anda memilih lokasi hosting di negara yang sama. Intinya semakin dekat lokasi server dengan para pengunjung website maka kecepatan aksesnya juga otomatis lebih cepat.

  • Sesuai Budget Dan Keperluan

Pemilihan lokasi server terbaik untuk website bentuk harus anda sesuaikan dengan budget dan keperluan. Untuk Anda yang memilih lokasi server Indonesia biasanya punya tarif atau harga sewa yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan server luar. Tapi tentunya lebih efisien, ketika pengunjung website lebih dominan berasal dari Indonesia.

Namun ketika anda punya website dengan target pengunjung dari seluruh dunia maka lebih baik memilih server Amerika. Karena server ini punya lokasi yang berada di pusat server dunia jadi aksesnya lebih cepat. Nah tentu, selain pemilihan sesuai budget Anda juga perlu memilih lokasi server yang sesuai dengan kebutuhan.

Demikian beberapa tips dalam memilih server terbaik untuk website. Pastikan untuk melakukan pemilihan lokasi server saat Anda memesan hosting. www.domainesia.com/vm adalah tempat untuk order costing dengan pilihan beberapa lokasi server terbaik. Untuk diketahui bahwa semua server yang ada di DomaiNesia sudah menggunakan Cloud backup agar bisa menjamin keamanan data penting yang anda miliki. Selain itu pula, layanan web hosting ini juga sudah support CloudFlare Railgun sehingga kinerja dari website anda akan lebih cepat.