Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel rasanya menjadi suatu hal yang perlu diketahui oleh para pemilik mobil. Pasalnya, dengan begitu Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk service ac mobil di bengkel.

Seperti yang diketahui, biaya yang akan Anda habiskan jika membersihkan AC mobil di bengkel itu cukup besar, yaitu berkisar Rp600.000,- – Rp800.000,-. Sedangkan, jika Anda membersihkannya sendiri, Anda hanya perlu merogoh kocek berkisar Rp50.000,- – Rp150.000,-.

Bagaimana, cukup terjangkau bukan? Lantas, bagaimana cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel? Untuk itu, yuk simak ulasan di bawah ini yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk Anda.

 

Cara Membersihkan AC Mobil Secara Mandiri

 

1. Parkir Mobil di Tempat Steril Debu

Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang perlu Anda lakukan pertama adalah dengan menempatkan mobil di tempat yang aman. Anda harus memastikan bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang bersih dan tidak berdebu. Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Sebab, tempat berdebu hanya akan memberikan sirkulasi udara yang kurang baik untuk mobil.

 

2. Temukan Blower

Setelah lokasi mobil sudah aman dan peralatan yang dibutuhkan sudah siap, maka cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang selanjutnya adalah menemukan lokasi blower. Biasanya, saluran udara blower terletak di bagian glove box, atau yang biasa dikenal dengan laci yang terdapat di sisi dasbor.

Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka glove box tersebut menggunakan obeng plus (+). Setelah glove box terbuka, kemudian Anda akan menemukan filter AC yang berbentuk persegi panjang. Anda bisa mengambil filter tersebut untuk mencari tahu posisi blower, apakah terletak di bagian atas atau bagian bawah.

Sedangkan, cara untuk mengetahui posisi blower pun sangat mudah, yaitu Anda cukup meraba-raba filter AC yang telah Anda ambil sebelumnya.

 

3. Cek Kondisi Filter

Apabila kondisi filter AC mobil mu tidak begitu kotor, Anda hanya perlu membersihkannya saja. Anda bisa menggunakan sikat biasa untuk menyikat permukaan filter AC yang kotor tersebut hingga bersih. Namun, jika kondisi filter AC mu sudah sangat kotor, maka alangkah baiknya jika Anda mengganti filter tersebut. Sebab, debu-debu yang terletak pada filter akan sangat sulit dibersihkan.

 

4. Hidupkan AC Mobil

Anda bisa menyalakan AC mobil selama kurang lebih lima menit. Hal tersebut berguna agar embun dapat keluar dari permukaan evaporator, sehingga dapat membasahi permukaan evaporator tersebut. Dengan menyalakan AC, maka proses pembersihan evaporator pun semakin mudah. Terlebih, jika Anda menggunakan AC dengan kecepatan paling tinggi, hembusan udara yang keluar pun akan lebih maksimal.

 

5. Semprot Blower dengan Cairan Pembersih AC

Anda baru bisa melakukan tahap ini setelah AC sudah dinyalakan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, Anda bisa mengarahkan selang cairan pembersih AC melalui filter AC ke bagian blower. Jika sudah mengarah dengan benar, kemudian Anda semprotkan cairan tersebut secukupnya, sekitar 2-3 kali semprot.

Jika cairan pembersih AC sudah menyebar rata, Anda bisa melihat dari lubang ventilasi kolong mobil, terdapat gelembung-gelembung busa atau foam yang terbentuk dari cairan yang tadi disemprotkan. Busa-busa tersebut nantinya akan keluar sampai habis melalui ventilator AC mobil. Proses pembersihan tersebut akan berjalan selama kurang lebih 10-15 menit.

Jika semua proses di atas telah dijalankan, berikutnya Anda bisa memasang kembali filter dan blower ke tempat semula. Agar AC mobil bekerja optimal, pastikan Anda rutin melakukan perawatan yang tepat.