Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows 10

Keyboard merupakan perangkat input yang memiliki peran penting pada sebuah komputer.

Tombol pada keyboard dapat digunakan untuk memberikan input berupa huruf, angka, karakter dan masih banyak fungsi lainnya.

Tombol pada keyboard juga dapat digunakan sebagai jalan pintas atau shortcut untuk mengakses menu pada software atau aplikasi.

Agar dapat digunakan sebagaimana dimaksud, keyboard harus dapat dibaca oleh komputer dan berfungsi dengan baik.

Namun, seringkali ada masalah dengan beberapa atau semua tombol keyboard tidak berfungsi, terutama pada sistem operasi Windows. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mengetahui penyebab dan solusinya.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Penyebabnya bisa dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Penyebab keyboard tidak berfungsi antara lain:

  • Papan ketik terkunci: Beberapa produsen laptop atau komputer menyertakan fitur yang dapat digunakan untuk menonaktifkan touchpad atau keyboard.
  • Papan ketik kotor: Debu atau kotoran yang berada disela-sela tombol keyboard dapat mempengaruhi kinerja keyboard sehingga menyebabkan beberapa tombol tidak berfungsi.
  • Driver tidak terpasang dengan benar: penting untuk memastikan bahwa versi driver keyboard yang diinstal berjalan dengan benar dan merupakan versi terbaru.
  • Ada masalah dengan perangkat lunak: ada masalah atau bug di sistem operasi atau perangkat lunak.
  • Keyboard rusak: Masalah juga bisa terjadi pada hardware, kemungkinan keyboard yang Anda gunakan rusak dan sudah saatnya diganti dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Ada beberapa alternatif cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keyboard tidak berfungsi di sistem operasi Windows 10 atau versi sebelumnya. Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini.

Pastikan Keyboard Tidak Terkunci

Beberapa produsen laptop biasanya menyertakan fitur yang dapat mengunci atau menonaktifkan touchpad dan keyboard.

Menonaktifkan fungsi-fungsi ini umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard, seperti tombol fn + F11 untuk laptop Acer, Samsung dan Toshiba.

Silakan periksa ikon yang terdapat pada tombol keyboard atau Anda dapat mencarinya di buku manual dan pastikan fungsi keyboard tidak terkunci.

Membersihkan Keyboard

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah keyboard tidak berfungsi adalah dengan membersihkan keyboard.

Debu yang terperangkap di antara celah-celah tombol keyboard dapat menyebabkan beberapa atau semua tombol tidak berfungsi.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas, tisu (tisu kering), kain lembut atau penyedot debu khusus untuk keyboard.

Jangan gunakan pembersih dan cairan yang dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard seperti tisu basah, air, minyak kayu putih atau kain kasar yang dapat menggores permukaan dan tombol keyboard.

Jika sudah dibersihkan tetapi masih tidak berfungsi, kemungkinan masalahnya ada pada perangkat lunaknya. Kemudian Anda dapat mencoba solusi alternatif berikutnya.

Mematikan Toggle Keys, Sticky Keys dan Filter Keys

Coba matikan beberapa fitur Toggle Keys, Sticky Keys, dan Filter Keys. Toggle Keys adalah fitur dimana akan mengeluarkan suara ketika tombol Lock ditekan.

Fitur Sticky Keys juga memiliki fungsi serupa dan akan mengeluarkan suara saat Anda menekan tombol Ctrl, Alt, Shift dan Lock pada keyboard.

Sedangkan Filter Keys berfungsi untuk mengabaikan tombol yang ditekan berulang kali dengan cepat. Cara mematikan ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Membuka Panel kendali pada Windows, Anda juga dapat mengakses menu Control Panel melalui Search Bar.
  • Kemudian pilih pengaturan Akses mudah
  • Selanjutnya pada menu Ease of Access Center pilih Ubah cara kerja keyboard Anda
  • Untuk menonaktifkan ketiga fitur di atas, kamu bisa menghilangkan tanda centang atau checklist lalu tekan tombol Berlaku untuk menyimpan pengaturan

Menginstal ulang atau Memperbarui Driver

Jika cara sebelumnya masih tidak berhasil, Anda dapat mencoba menginstal ulang driver keyboard.

Anda dapat mengunduh melalui situs web produsen atau produsen keyboard Anda jika Anda menggunakan keyboard eksternal atau situs web produsen laptop Anda. Pastikan versi yang Anda unduh sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Anda juga dapat mencoba memperbarui atau memperbarui versi driver yang Anda gunakan.

Setelah install dan update pastikan driver terinstall dengan sempurna, cara pengecekannya adalah sebagai berikut.

  • Pergi ke pengaturan Pengaturan perangkat di Windows, Anda dapat mencarinya melalui bilah pencarian atau mengaksesnya melalui Control Panel
  • Cek pada bagian Keyboard dan pastikan driver keyboard sudah terdeteksi dan terpasang dengan baik

Menggunakan fitur Temukan dan perbaiki masalah keyboard

Anda juga dapat menggunakan fitur Temukan dan perbaiki masalah keyboard yang terdapat pada sistem operasi Windows. Anda dapat mengaksesnya melalui Search Bar dengan mengetikkan kata kunci “perbaikan keyboard“.

Fitur ini secara otomatis akan melakukan troubleshooting atau mencari akar penyebab keyboard tidak berfungsi dengan baik. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang sudah disediakan.

Menggunakan Keyboard Lain atau Keyboard Eksternal

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara di atas tetapi masih tidak berhasil, coba gunakan keyboard lain atau gunakan keyboard USB eksternal.

Karena kemungkinan akar masalahnya ada di hardware atau hardware keyboard itu sendiri. Mungkin keyboardnya rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Menggunakan Keyboard di Layar

Solusi alternatif lainnya adalah dengan menggunakan fitur On-Screen Keyboard, Anda dapat menggunakan touchpad atau mouse untuk menekan tombol-tombol pada On-Screen Keyboard.

Jika laptop Anda sudah memiliki layar sentuh, tentu fitur ini akan sangat berguna. Cara mengakses menu On-Screen keyboard adalah sebagai berikut.

  • Cari di Search Bar dengan mengetik Papan Ketik di Layar atau Anda dapat mengaksesnya melalui Control Panel
  • Kemudian Keyboard Layar akan berjalan dan Anda dapat menggunakannya sebagai input teks untuk mengetik

Semoga cara diatas dapat mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi di komputer anda terutama dengan sistem operasi windows 10.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan keyboard dari debu dan kotoran agar tetap berfungsi dengan baik.