West Ham United akan menjamu Manchester United di pekan 11 Premier League, Minggu (06/12) pukul 00.30 dini hari WIB. The Hammers dilatih oleh David Moyes yang notabene mantan manajer Red Devils. Akankah Moyes mampu menaklukan bekas timnya? Saksikan live streaming West Ham vs Manchester United EPL di Mola TV.

Karier Moyes dengan United tidak berjalan dengan baik. Manajer asal Skotlandia dipecat di tengah musim 2013-2014 setelah menggantikan Sir Alex Ferguson. Setelahnya Moyes melatih Real Sociedad, Sunderland, sebelum melatih West Ham pada 2017.

Tiga tahun berselang dengan perjalanan West Ham dari tim yang bertarung selamat dari degdradasi, kini tim asal London bertarung di papan atas klasemen dan hebatnya lagi posisi mereka ada di atas Man United.

Jelang bentrok kedua tim di London Stadium West Ham ada di peringkat lima klasemen dari 10 laga dengan raihan 17 poin, sementara United yang memainkan satu laga lebih sedikit di urutan sembilan klasemen dengan koleksi 16 poin.

David Moyes berharap West Ham bisa terus menjaga konsistensi bermain kontra mantan klubnya itu. Moyes melihat Mark Noble dkk dalam momentum bagus dan memiliki sinergi di ruang ganti pemain yang dapat menular dalam pertandingan.

David Moyes

“Tim bermain dengan positif dan atmosfer di dalam ruang ganti luar biasa. Kami memiliki sekelompok pemain muda yang ingin berkembang, kami ingin mempertahankannya dan saya pikir kami memiliki grup yang menunjukkan sisi lain dalam permainan mereka,” tutur Moyes di laman resmi West Ham.

“Konsistensi kami bagus. Idenya adalah untuk membangun itu dan kami membangun kepada para pemain tentang standar dan tingkat kinerja untuk setiap pertandingan. Dan kemudian ketika kami tidak cukup mencapai level itu kami telah menunjukkan ketahanan untuk mendapatkan hasil dengan cara lain,” tambah dia.

Selain performa dan klasemen yang bagus, West Ham juga memiliki keunggulan dari dua kemenangan laga kandang beruntun di Premier League atas Man United. Ditambah kehadiran fans di London Stadium maka West Ham bisa mendapatkan enerji ekstra.

Sementara Man United melawan itu semua dengan catatan laga tandang – yang ironisnya – lebih baik ketimbang pertandingan kandang.

Tim arahan Ole Gunnar Solskjaer sudah memenangi delapan laga tandang terakhir mereka di Premier League. Namun Solskjaer juga tahu bahwa West Ham arahan Moyes tengah berada dalam kondisi yang lebih baik.

Ole Gunnar Solskjaer

“Tidak, saya belum duduk dan berdiskusi dengan David, tidak, saat Anda berada di sini, itu adalah klub terbesar di dunia dan hewan yang berbeda dari yang lain, tetapi kami telah melakukan diskusi lain dan saya sangat mengagumi David dan Anda lihat cara West Ham tampil dan hasil yang dia peroleh menunjukkan kualitasnya,” tambah Solskjaer.

Inkonsistensi memang tengah menjadi masalah MU yang baru kalah 1-3 dari PSG di Liga Champions, padahal sebelumnya menang 3-2 melawan Southampton. Menarik untuk dinanti apakah mereka bangkit meraih kemenangan atau West Ham memanfaatkannya dan menambah tekanan untuk United.

Prakiraan Susunan Pemain:

West Ham United (3-4-3): Lukasz Fabianski; Aaron Cresswell, Angelo Ogbonna, Fabian Balbuena; Arthur Masuaku, Tomas Soucek, Declan Rice, Vladimir Coufal; Pablo Fornals, Sebastien Haller, Jarrod Bowen

Manajer: David Moyes

Manchester United (4-3-1-2): David De Gea; Alex Telles, Harry Maguire, Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka; Paul Pogba, Nemanja Matic, Donny van de Beek; Bruno Fernandes; Anthony Martial, Edinson Cavani

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Prediksi: West Ham menang 50-50 Man United