Perangkat Lunak Bisnis Kustom Untuk Bisnis Kecil

Banyak pembelian perangkat lunak pertama bisnis kecil adalah solusi komersial yang siap pakai.

Meskipun ini mungkin berhasil untuk banyak perusahaan dengan proses bisnis yang serupa, tanda pertama bahwa kecocokannya tidak tepat adalah jika Anda mendapati diri Anda melakukan intervensi manual atau solusi untuk mendukung perangkat lunak komersial.

Jadi, faktor apa yang harus Anda gunakan untuk memutuskan apakah perangkat lunak bisnis khusus atau produk siap pakai yang terbaik untuk bisnis kecil Anda?

Inilah sepuluh daftar indikator peringatan teratas saya yang harus diwaspadai ketika memutuskan apakah akan membangun atau membeli pengembangan perangkat lunak untuk bisnis kecil!

Karyawan Anda menghindari menggunakannya

Adopsi yang buruk menunjukkan bahwa program tidak berfungsi untuk perusahaan Anda. Orang akan cenderung menyelesaikan pekerjaan sendiri jika mereka dapat melakukannya lebih cepat secara manual atau lebih suka melakukan hal-hal dengan cara lama.

Tidak ada yang tahu bagaimana mengoperasikannya pada tingkat keterampilan yang dibutuhkan

Ini bisa jadi karena masalah pelatihan, atau bisa juga karena terlalu banyak langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas menggunakan perangkat lunak COTS (custom-off-the-shelf), yang semakin memperumit proses untuk staf Anda.

Ketika Anda tidak dapat melakukan apa yang Anda inginkan dengan prospek penjualan Anda

Perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) Anda, misalnya, tidak sepenuhnya mendukung proses penjualan, seperti penetapan harga yang unik atau alur kerja yang dipesan lebih dahulu untuk melalui proses berbasis aturan tertentu.

Solusi manual

Jika karyawan Anda mengeluh tentang kelemahan sistem COTS atau mengandalkan solusi manual untuk menyelesaikan aktivitas dasar yang dapat diselesaikan oleh pengembangan perangkat lunak khusus untuk bisnis kecil.

Menggunakan tambal sulam perangkat lunak untuk menyelesaikan tugas

Ketika Anda membutuhkan tambal sulam sistem perangkat lunak yang berjalan di berbagai departemen yang bergantung pada data satu sama lain untuk memproses pesanan klien atau mengembangkan laporan manajemen, kebutuhan untuk penyesuaian menjadi jelas. Tanpa integrasi, inefisiensi muncul.

Otomatisasi diperlukan untuk meningkatkan efisiensi

Buku pesanan yang ramai adalah salah satu hasil menjalankan usaha kecil yang sukses. Jika Anda perlu menghubungkan berbagai proses penjualan, otomatisasi dapat membantu untuk merampingkan.

Saatnya memikirkan perangkat lunak khusus untuk perusahaan kecil Anda. Periksa metode Anda saat ini untuk menyelaraskan penggajian, timesheets, akuntansi, inventaris, pembelian, manajemen rantai pasokan, dan peramalan.

Ekspansi bisnis terhambat

Banyak perusahaan yang sukses dimulai dalam keadaan yang sangat mendasar, mungkin berfungsi dari kamar tidur atau garasi.

Bukan hal yang aneh untuk menemukan produk out-of-the-box yang menyelesaikan pekerjaan sejak dini. Namun, ketika organisasi kecil berkembang dalam ukuran, kompleksitasnya meningkat, yang mungkin tidak dapat ditangani oleh COTS.

Jika sistem Anda saat ini menghambat pertumbuhan, pertimbangkan solusi khusus yang dapat secara perlahan menambahkan kemampuan tambahan dan grup pengguna seiring waktu.

Migrasi data ke sistem baru

Jika kebutuhan perusahaan Anda telah berubah dan sudah waktunya untuk bermigrasi ke sistem perangkat lunak baru, ingatlah bahwa memindahkan data dari satu sistem ke sistem lain dapat menjadi operasi rumit yang memerlukan keahlian pengembang.

Jika demikian, Anda harus mempertimbangkan apa lagi yang dapat dilakukan pengembang, seperti membuat sistem baru yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Branding menjadi prioritas

Personalisasi bisa sangat penting untuk keberhasilan bisnis kecil Anda, terutama jika Anda menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi dengan klien Anda.

Sementara solusi COTS mungkin cukup jika hanya terlihat secara internal, perangkat lunak apa pun yang dilihat oleh klien, seperti sistem pemesanan online, akan sangat diuntungkan dari merek atau desain yang dipersonalisasi untuk memisahkan diri dari pesaing. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi, pertimbangkan untuk mendapatkan desain khusus!

Menaikkan biaya lisensi

Perangkat lunak off-the-shelf pada dasarnya disewa daripada dibeli, terutama dengan kecenderungan pengiriman perangkat lunak melalui cloud.

Biaya lisensi mungkin sangat mahal, membuat perangkat lunak khusus lebih murah dalam jangka panjang.

Jika suatu hari Anda berniat untuk memperluas sistem perangkat lunak di beberapa stasiun kerja atau jaringan, ingatlah bahwa Anda akan memiliki program perangkat lunak yang sepenuhnya dibuat khusus yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Perangkat Lunak Bisnis Kustom Untuk Bisnis Kecil – Ringkasan

Hitung ROI (laba atas investasi) Anda sebelum memutuskan jalur mana yang harus diambil untuk memastikan Anda dapat memperoleh kembali investasi Anda melalui efisiensi yang lebih tinggi atau skala ekonomi yang lebih besar.

Pertama, evaluasi perangkat lunak yang paling mungkin tersedia untuk melihat apakah itu memenuhi kebutuhan Anda; jika tidak, pertimbangkan pengembangan perangkat lunak khusus untuk solusi bisnis kecil.

Ingatlah bahwa anggaran empat digit mungkin diperlukan untuk membangun solusi perangkat lunak khusus yang Anda miliki secara langsung, tetapi pengeluaran untuk solusi COTS akan berulang sepanjang masa pakai produk.