Donasi menjadi salah satu bentuk kegiatan yang mempunyai tujuan untuk membantu sesama yang sedang memerlukan bantuan. Anda bisa memberikan sebagian dari rezeki yang didapatkan baik dalam bentuk uang ataupun barang. Sebelumnya donasi hanya berupa pemberian yang dilakukan ketika ada pertemuan secara langsung. Namun, kini donasi telah berkembang menjadi donasi online.

 

Berikut ini Kelebihan Melakukan Donasi Secara Online

1. Dapat Terpantau

Bagi sebagian orang mungkin merasa khawatir kalau saja dana yang sudah disumbangkannya tidak sampai pada sasaran. Dalam hal ini, Anda tak perlu risau, sebab setelah Anda selesai melakukan transaksi pengiriman sejumlah dana, selanjutnya Anda dapat melakukan pemantauan terkait dengan bagaimana proses penyaluran dana yang Anda sumbangkan.

Pada platform seperti https://wecare.id/ akan memberikan Anda sebuah informasi yang menunjukkan proses penyaluran sumbangan di media sosial yang dimiliki maupun situs website resmi yang ada. Di samping itu, bahkan Anda juga bisa melihat dokumentasi terkait dengan penyaluran sumbangan hingga sampai di tangan penerima.

2. Lebih Mudah untuk Menjangkau Target Sasaran

Ketika Anda melakukan donasi secara online, maka Anda bisa mencapai jangkauan yang tepat. Bahkan Anda bisa memilih siapa saja target yang akan berikan sejumlah dana ataupun barag sesuai keinginan Anda pribadi. Pada umumnya sebuah platform memiliki bermacam-macam target yang cukup bervariasi.

Beberapa target yang ada diantaranya yaitu bencana alam, pendidikan, pembuatan rumah bagi tunawisma, bagi penyandang disabilitas, dan bagi orang sedang mengalami sakit. Dengan adanya kejelasan target yang dapat Anda pilih, maka Anda bisa lebih leluasa menentukan ke mana Anda akan menyalurkan bantuan yang akan diberikan.

Anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan Anda serta dana yang Anda miliki. Sebab, Anda sendirilah yang paling mengerti seberapa besar kemampuan Anda. Dengan demikian, berapapun dana yang Anda miliki, Anda tetap dapat memberikan sumbangan kepada mereka yang membutuhkan.

3. Lebih Aman

Bantuan yang Anda salurkan secara online dapat dikatakan lebih aman apabila dibandingkan dengan bantuan yang diberikan secara langsung kepada penerima. Karena tak jarang mereka yang justru berpura-pura mengalami kesusahan demi mendapatkan uluran tangan dari berbagai orang.

Namun demikian, Anda juga harus berhati-hati ketika akan memilih platform. Anda harus memastikan bahwa platform yang Anda pilih telah mempunyai izin yang bersifat resmi dari pihak yang berwenang, yang dalam hal ini adalah Kemenkumham. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pihak yang melakukan penggalangan dana teridentifikasi dengan jelas.

4. Cashless

Adanya kemajuan teknologi menjadikan proses transaksi donasi semakin mudah. Anda dapat melakukan transaksi pengiriman bantuan dengan berbagai cara, baik menggunakan fasilitas transfer menggunakan ATM ataupun menggunakan kartu kredit. Dengan demikian jarak dan waktu bukan lagi penghalang untuk memberikan sejumlah bantuan kepada sesama.

Di samping itu, dengan adanya kemudahan yang demikian, maka bisa sekaligus menghemat waktu yang Anda miliki. Sehingga Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan dengan waktu yang ada. Kemudian Anda juga tak perlu khawatir jika dana yang Anda kirimkan hilang, karena tingkat keamanan pengiriman dana melalui berbagai platform terpercaya cukup aman.

5. Dapat Dilakukan Kapanpun

Berbeda dengan sumbangan yang dilakukan secara konvensional, sumbangan yang dilakukan secara online dapat Anda lakukan kapan saja. Tidak memandang apakah pagi, siang, ataupun malam hari Anda tetap bisa memberikan sumbangan kepada pihak yang membutuhkan. Hal ini disebabkan karena teknologi yang semakin canggih.

Anda bahkan tidak diharuskan untuk keluar rumah untuk dapat memberikan bantuan, sebab Anda bisa menggunakan m-banking ataupun i-banking dari rumah serta menggunakan platform maupun platform tertentu. Dengan demikian bantuan dapat dengan mudah disalurkan tanpa harus melakukan prosedur yang mungkin cukup panjang.

6. Penerima Donasi Cepat Terpenuhi Kebutuhannya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penerima bantuan terdiri atas berbagai kalangan. Di mana salah satunya yaitu penyandang sakit yang harus segera ditangani. Dengan adanya sumbangan yang disalurkan secara online maka sakit yang diderita oleh orang tertentu dapat segera ditangani oleh pihak yang bertugas.

Dengan demikian, mereka tak harus menahan rasa sakit untuk waktu yang lama karena belum memiliki cukup dana untuk melakukan pengobatan demi kesembuhan penyakitnya. Selain itu, penyaluran dana bantuan secara online juga dapat meminimalisir kematian yang disebabkan karena penyakit yang tak segera ditangani.

7. Donasi dapat Terkumpul dengan Cepat

Perkembangan zaman di era sekarang membawa konsekuensi akan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, ketika Anda ingin memberikan donasi kepada pihak yang membutuhkan, Anda semakin mendapatkan kemudahan untuk melakukannya.

Seperti yang Anda ketahui, media sosial merupakan media yang sangat membantu penyebaran informasi dengan cepat dan bisa mencapai manapun selama tersambung dengan jaringan internet. Ketika Anda ingin menggalang dana, maka Anda cukup membagikan informasi terkait penggalangan dana tersebut melalui berbagai media sosial yang ada.

Dengan langkah demikian, maka dapat menarik banyak donatur dari berbagai wilayah. Hal tersebut juga berdampak baik bagi calon penerima bantuan, sebab mereka akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Beberapa kelebihan di atas tentu sangat memudahkan baik bagi pengirim maupun penerima donasi. Dari sisi pengirim, mereka dapat dengan mudah mengirimkan sumbangan di mana saja dan pada waktu apa saja. Sedangkan bagi penerima, mereka dapat segera mendapatkan sumbangan, sehingga mereka dapat segera tertolong dari berbagai jenis penderitaan yang dialaminya selama ini.