Advertisements
Breaking News
Advertisements

Kenalan dengan Obligasi, Instrumen Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Ada banyak instrumen investasi yang ditawarkan lembaga keuangan dengan beragam keuntungan dan kekurangannya. Obligasi merupakan jenis investasi pasar modal yang memiliki tingkat suku bunga tetap. Penghasilan didapat berupa kupon atau bunga bergantung nilai nominal perjanjian dalam jangka waktu tertentu. Biasanya per tahun, per semester atau enam bulan dan per tiga bulan.

Berdasarkan penerbitnya, terdapat dua jenis obligasi mulai dari obligasi pemerintah yang diterbitkan lembaga pemerintah. Serta obligasi korporasi yang dikeluarkan perusahaan.

Investasi Obligasi memang tidak sepopuler jenis instrumen investasi lain, seperti saham hingga reksadana. Namun jenis investasi ini cukup digemari khususnya investor pemula. Alasannya kemudahan transaksi serta risiko tidak terlalu besar dengan keuntungan lebih besar.

Bagi investor pemula, memilih investasi berisiko seperti saham tentu bukan hal yang bijak. Anda harus banyak belajar untuk memiliki strategi investasi sehingga tidak mengalami kerugian. Obligasi menjadi pilihan tepat sebelum menekuni beragam jenis investasi keuangan.

 

Kelebihan Investasi Obligasi

Mengapa investasi obligasi dianjurkan untuk investor pemula? Investor pemula rentan mengalami kerugian karena belum menguasai sepenuhnya strategi investasi. Kemudahan transaksi obligasi serta risiko kerugian yang kecil membuat obligasi cocok untuk Anda yang baru memulai investasi.

Beberapa kelebihan obligasi juga menjadi alasan, instrumen investasi ini cocok untuk investor pemula. Berikut kelebihan instrumen keuangan obligasi yang harus Anda ketahui:

  • Investasi lebih aman

Obligasi dikenal memiliki risiko kerugian yang kecil dibandingkan beberapa jenis investasi lain. Meski tidak bisa dibilang tanpa risiko, keamanan investasi satu ini lebih terjamin karena diatur UU No 24 Tahun 2002. Apalagi untuk obligasi yang dikeluarkan pemerintah yang pastinya dijamin keamanannya.

  • Keuntungan berupa bunga atau kupon

Keuntungan dalam berinvestasi obligasi, Anda akan mendapat kupon bunga dengan besaran yang disepakati di awal. Nominal kupon dipastikan lebih menguntungkan dari investasi deposito. Keuntungan lainnya, kupon bersifat stabil atau tetap yang membuat kemungkinan rugi sangat kecil. Selain dari kupon, keuntungan bisa didapat dari jual beli yang dapat dilakukan di pasar sekunder.

  • Jaminan pendapatan

Karena stabilitas kupon bunga didapat, pendapatan dari investasi satu ini terjamin. Anda tidak perlu khawatir merugi saat menanam uang dalam waktu lama, sebab pendapatan dapat diprediksi dari bahkan hingga tahun-tahun berikutnya.

  • Mendapat Keuntungan capital gain

Seperti disinggung sebelumnya, keuntungan obligasi  juga bisa didapat dari jual beli di pasar sekunder. Instrumen obligasi, termasuk obligasi ritel Indonesia dapat diperjualbelikan untuk mendapat keuntungan capital gain dari selisih harga jual dan harga beli. Namun sebagai Investor Anda harus memiliki strategi jual beli di pasar sekunder untuk mendapat untung maksimal.

  • Bunga lebih besar

Bunga cukup tinggi dibandingkan dengan bunga deposito yang tentu saja jadi lebih menguntungkan. Selain itu, suku bunga obligasi memiliki risiko lebih kecil berbeda dengan jenis investasi lainnya. Harga obligasi berbanding terbalik dengan suku bunga, jika suku bunga BI Rate turun harga obligasi justru naik, begitu pula sebaliknya.

 

Untung Investasi Obligasi bersama digibank by DBS

Tertarik memulai investasi obligasi? Kini pembelian surat berharga obligasi dapat dilakukan dengan mudah. Difasilitasi digibank by DBS, kian untung dengan beragam penawaran menarik. Beragam transaksi nasabah digibank  dapat dilakukan lewat satu aplikasi yakni aplikasi digibank by DBS.

Ada beragam keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapat dengan membeli obligasi melalui digibank by DBS. Makin tertarik? Berikut beragam keuntungan yang bisa Anda dapat:

  • Nikmati layanan 24 jam melalui aplikasi digibank by DBS.

Beragam transaksi termasuk transaksi obligasi dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Anda tidak perlu repot datang ke kantor cabang. Kapan pun dan di mana pun, bisa melakukan pembelian obligasi hanya dari smartphone Anda.

  • Pendapatan tetap dari pembayaran Kupon/ Imbal hasil.

Keuntungan besar bisa didapat dari pembayaran kupon setiap jangka waktu yang disepakati bersama. Keuntungan lainnya, Anda tidak akan dikenai biaya pembelian SBN alias gratis untuk pembelian dari aplikasi digibank by DBS.

  • Jumlah investasi terjangkau mulai dari Rp 1 juta

Jangan berpikir butuh banyak uang untuk memulai investasi Anda. Di digibank by DBS, investasi obligasi dapat diperoleh mulai dari Rp 1 juta saja.

  • Tergolong investasi rendah risiko dengan keuntungan lebih tinggi dari Deposito

Dibandingkan dengan deposito yang juga minim risiko, keuntungan obligasi jauh lebih tinggi. Terutama di digibank by DBS yang menawarkan keuntungan yang sepadan.

Itulah keuntungan investasi obligasi terutama melalui digibank by DBS. Hal yang penting diketahui investor pemula. Pastikan pula Anda memahami betul jenis investasi pilihan serta strategi investasi yang menguntungkan.

Tertarik memulai investasi pertama Anda? Jangan ragu karena masa depan finansial ada di tangan Anda.  Jika belum punya rekening digibank, segera buka sekarang juga untuk memulai investasi pertama Anda.

Advertisements