Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dicoba Ibu Rumah Tangga Sampai Pekerja

Mendapatkan uang sampingan meskipun Anda sudah punya pekerjaan tentu jadi hal yang sangat menarik. Karena penghasilan tambahan bisa membantu perekonomian, apalagi bagi yang sudah menikah. Tentu saja ada banyak ide usaha sampingan yang bisa dicoba oleh para pekerja yang ingin mendapatkan uang tambahan ataupun ibu rumah tangga yang sehari-hari di rumah.

Dikutip dari AshefaNews, berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang modalnya kecil dan bisa dilakukan dalam waktu senggang baik oleh para pekerja maupun ibu rumah tangga.

1. Berjualan Pulsa dan Kuota  Internet

Tidak dipungkiri, zaman sekarang kebutuhan masyarakat akan pulsa dan kuota internet semakin tinggi. Maka dari itu peluang untuk berjualan pulsa dan kuota tetap saja sangat menarik, bahkan meski banyak saingan namun usaha ini tetap wajib dicoba oleh siapapun.

Alasannya tentu karena berjualan pulsa maupun kuota internet membutuhkan modal yang tidak terlalu besar bahkan dengan uang hanya ratusan ribu anda sudah bisa untuk mulai berjualan pulsa dan kuota internet. Anda tinggal cari agen untuk berjualan pulsa ataupun bisa mencoba sendiri dengan aplikasi lalu membeli deposit pulsa. Saat ini Anda bisa menemukan banyak aplikasi resmi yang menawarkan untuk membuka usaha jualan pulsa dan kuota dengan harga yang terjangkau.

2. Usaha Laundry

Usaha ini lebih cocok untuk ibu rumah tangga karena sehari-hari di rumah dan tidak punya kesibukan di luar rumah. Apalagi jika Anda tinggal di area kos-kosan anak kuliahan maupun para pekerja maka usaha laundry bisa jadi sangat menarik.

Anak kos-kosan biasanya lebih suka laundry untuk mencuci ataupun setrika pakaian karena lebih praktis. Anda yang ingin membuka usaha laundry juga tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal. Cukup sediakan mesin cuci dan setrikaan, maka Anda sudah bisa promosikan jasa laundry.

3. Guru Privat

Kegiatan ini bisa dilakukan baik oleh para pekerja yang ingin mendapatkan uang tambahan maupun ibu rumah tangga. Anda yang bergelut di dunia pendidikan maka cocok sekali untuk membuka usaha sebagai guru privat. Anda bisa coba promosikan diri ke sekitar lingkungan rumah terlebih dahulu ataupun cari lowongan lewat media sosial dan website.

Bisa juga terlebih dahulu untuk bergabung ke komunitas lokal atau mencari lewat platform yang menyediakan jasa pengajar. Bahkan saat ini anda bisa menemukan lowongan guru privat online. Di mana Anda tidak perlu pergi langsung ke rumah siswa yang akan diajar melainkan hanya melalui meeting online.

4. Jasa Penulis

Anda yang memiliki skill di bidang kepenulisan maka bisa coba untuk membuka jasa penulis. Ide usaha sampingan ini cukup menghasilkan jika Anda memang punya skill yang mumpuni, seperti misalnya punya kemampuan bahasa yang baik apalagi jika punya skill bahasa asing.

Menulis di sini tentu saja bukan hanya sebagai penulis novel ataupun buku, melainkan bisa jadi sebagai seorang penulis artikel, penulis blog ataupun copywriter. Gaji yang bisa Anda dapatkan dari jasa seorang penulis tentu saja akan semakin tinggi jika anda sudah mencapai level profesional.

5. Berjualan Kuliner Viral

Saat ini setiap saat ada saja jajanan ataupun masakan viral yang bermunculan di sosial media. Hal tersebut tentu saja bisa jadi peluang bagi anda untuk membuka sebuah usaha dengan menjual kuliner yang sedang viral.

Untuk itu anda perlu mengikuti trend yang ada untuk mengetahui jenis kuliner apa saja yang sedang viral apakah berbentuk jajanan, cake, masakan dan masih banyak lagi. Terlebih untuk Anda yang punya skill memasak, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jangan malu untuk memulai cari penghasilan tambahan meski Anda seorang pekerja. Karena penghasilan tambahan tentu saja akan meningkatkan ekonomi anda dan keluarga.