Cara membuat kopi joss sangat simple sekali ya teman-teman. Yang dibutuhkan hanyalah bubuk kopi hitam ataupun bubuk kopi selain yang berwarna hitam.

Cara kali ini berbeda dengan cara membuat kopi pada biasanya ya apa lagi disamakan dengan cara membuat donat balado sudah sangat berbeda sekali bukan?hehe

Karena bisa dilihat sudah ada kata joss yang artinya itu sesuatu yang sudah sempurna.

Tentunya kalo benar-benar ingin sempurna,kita bisa membuatnya dengan menggunakan mesin sangrai kopi.

Oke tidak perlu lama-lama iya langsung saja kita simak cara membuat kopi joss yang sangat top markotop.

Cara Membuat Kopi Joss 

Resep Kopi Jos Kopi Arang Khas Yogyakarta Asli Sederhana Spesial Enak Banget.

Kopi Joss adalah kopi yang ditemukan pada abad ke-19 yang dipelopori oleh pedagang angkringan.

Daerah sekitar stasiun tugu yogyakarta yang kemudian populer dan mendunia pada abad 20.

Kami sebagai provider tidak mau kalah dan mengeluarkan produk kopi serupa dengan rasa yang berbeda dan lebih menggairahkan.

Kopi ini merupakan kopi hitam yang dicampur dengan arang. Disini arang kami lah yang membedakan.

Arang yang kami pakai menggunakan kayu yang telah diawetkan bersama mayat Fir’aun di Mesir.

Jadi dengan arang impor ini terjadilah sebuah perkawinan antara Java Coffee dengan Arang Mesir.

Anda akan menemukan pengalaman yang belum pernah anda rasakan ketika meminum Kopi arang Yogya ini.

Kopi Joss, merupakan kopi yang memiliki metode pembuatan unik dengan diberi bara arang.

Ketika kopi tubruk panas ini diberi atau dimasukkin arang yang panas, maka kopi tersebut akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu.

Khasiat dan Manfaat dari kopi jos ini banyak peneliti yang mengakui kalau kadar kafeinnya dinilai rendah karena metode pembuatannya dinetralisir oleh arang.

Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun.

Namun katanya, karbon yang teraktivasi dapat mengurangi ampas kopi, mengikat racun, dan memperbaiki aroma.

Bahan-Bahan Cara Membuat Kopi Joss:

  • Kopi bubuk ( Kopi Arabica Gayo ) boleh pake kopi hitam lain
  • Air Panas
  • Gula pasir
  • Arang Bersih ( di bakar sampai merah ) boleh pakai arang bambu kali ya tanya sama mas Indra Al Fatih penjual Arang Bambu di Indonesia.

Cara Membuat Kopi Joss:

  1. Seduh Kopi Bubuk dan Gula ( tergantung selera ) dengan air panas mendidih ke dalam gelas
  2. Masukan arang panas kedalam gelas yang sudah di siapkan – pint no.1
  3. Kopi Joss / Kopi Arang khas Jogjakarta siap di hidangkan.

Nah sangat mudah sekali kan cara membuatnya? Menurut kalian gimana? kalo menurut aku sih simple banget cara buatnya hehe.

Ternyata kopi joss ini cukup uniik ya guys.Karen di sajikan bersamaan dengan arang.Tapi arang yang digunakan tidak sembarang arang iya guys.

Arang yang digunakan untuk penyajian kopi ini yaitu dengan menggunakan arang yang benar-benar bersih yang dibakar sampai merah.

Kopi joss ini sangatlah terkenal di yogyakarta ini iya.Karena asal mulanya dari daerah jogja juga.

Jadi tak perlu heran jikalau kalian pergi ke alun-alun jogja manapun pasti ada penjual kopi joss ini di pinggiran jalan.

Dan jangan lupa juga untuk melihat artikel aku yang proses pembuatan kopi luwak ya supaya kalian tau sedikit-sedikit tentang kopi ya hehe.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan ,apabila ada kekurangan di dalam artikel saya ini,saya mohon maaf yang sebesar besarnya.Sekian dan terimakasih.