Cabai menjadi bumbu masak yang wajib ada di setiap dapur rumah warga Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai pedas. Meskipun rasanya seperti membakar lidah tetapi rasa tersebut membuat semua nafsu makan semakin meningkat

Namun tahukah kalian, jika bukan cabai saja yang bisa menimbulkan pedas pada lidah? Terdapat banyak bumbu dapur lain yang bisa digunakan sebagai pengganti cabai bahkan rasa pedasnya tak kalah dengan cabai. Berikut ini adalah rangkuman bahan dapur yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan cabai.

7 Daftar Bahan Dapur yang Dapat Digunakan Untuk Mengganti Cabai

 

1. Pala

Bahan dapur yang bisa dijadikan pengganti cabai pertama yaitu pala. Bumbu masak satu ini memiliki rasa pedas yang tidak jauh berbeda dengan cabai. Uniknya dari rempah-rempah ini tidak hanya memberikan rasa pedas yang dominan namun juga ada sedikit rasa manis sehingga rasanya jauh lebih kaya.

2. Lada putih

Tidak jauh dari pala, lada putih juga rempah yang mampu digunakan sebagai pengganti cabai. Lada putih ini sering digunakan dalam berbagai masakan khususnya hidangan berkuah seperti sup. Rasa yang dihasilkan oleh lada putih ini lebih lembut dibanding dengan cabai karena biasanya ia berupa sebuk atau bubuk.

3. Lada hitam

Lada memiliki dua jenis berbeda yakni putih dan hitam, namun keduanya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Rasa lada hitam ini jauh lebih kaya dibanding lada putih namun tingkat pedasnya masih di bawahnya. Selain sebagai bumbu dapur, lada hitam ini juga bermanfaat bagi kesehatan yaitu sebagai obat bekas gigitan serangga dan digunakan sebagai terapi penyakit asma.

4. Jahe

Rempah yang memiliki aroma khas ini bisa dijadikan sebagai bahan alternatif pengganti cabai. Selain digunakan sebagai jamu, jahe biasa dipakai pula untuk melengkapi cita rasa pada hidangan. Rasa pedas yang dihasilkan jahe cukup kuat namun tidak terlalu mencolok sehingga cenderung lebih hangat. Selain itu, bumbu masak satu ini juga bisa menghilangkan bau amis pada masakan.

5. Wasabi

Wasabi adalah salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengganti rasa pedas cabai. Makanan warna hijau ini memiliki rasa pedas dan wangi yang menyengat. Jika pedas cabai terasa di lidah lebih lama wasabi justru lebih kuat di tenggorokan. Oleh sebab itu, ketika mengkonsumsi harus didampingi dengan hidangan lain yang masih mentah seperti sashimi dan sushi.

6. Andaliman

Bahan dapur yang dapat mengganti cabai berikutnya adalah Andaliman. Rempah ini juga dikenal dengan itir-itir atau merica batak karena ia banyak digunakan untuk masakan suku batak. Andaliman ini asalnya kulit luar tumbuhan yang masih satu spesies dengan jeruk. Rasa pedas yang dihasilkan Andaliman ini tidak sepedas cabai namun aromanya bisa membuat lidah kelu.

7. Paprika

Terakhir yakni paprika yang bisa dipakai sebagai pengganti cabai. Pedas yang dihasilkan paprika memang tak sekuat cabai, namun ia dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Manfaat tersebut terkandung di dalam semua paprika meskipun warnanya berbeda-beda. Untuk rasa yang lebih kaya gunakan paprika segar yang terdapat di tanihub.com.

Di tanihub.com kalian bisa mendapatkan semua bahan makanan segar dengan mudah yang datang langsung dari petani seluruh Indonesia. Tidak hanya kebutuhan bahan makanan saja, namun bumbu masak pun tersedia dengan berbagai pilihan siap diantarkan hingga sampai ke tangan kalian.