Ilustrasi PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM–Memiliki kulit kepala penuh dengan ketombe sangat menjengkelkan, apalagi jika ketombe sudah merusak mahkota paling berharga yaitu rambut.

Tak hanya itu, kulit kepala penuh dengan ketombe juga menyebabkan gatal, dan pada saat digaruk dihadapan umum akan sangat memalakukan sekali.

Selain itu, kulit kepala penuh dengan ketombe tidak baik untuk kesehatan. Menggunakan sampo setiap hari kadang juga tidak sesuai yang diharapkan. Obat alami mungkin menjadi jalan terakhir untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Inilah 7 Obat Alami Untuk Membantu anda Memerangi Ketombe

1. Aspirin

Tidak hanya itu baik untuk sakit kepala, tetapi Aspirin juga baik untuk seluruh kepala. Jika anda terus maju dan menghancurkan beberapa aspirin dan mencampurnya dengan sampo, maka anda bisa menjaga ketombe terkelupas. ini karena Aspirin “mengandung salisilat, yang merupakan bahan aktif dalam sampo ketombe yang mengandung asam salisilat,” kata Kristen Colòn, pemilik On-Site Studio Hair Salon.

biarkan campuran baru di rambut Anda selama sekitar satu atau dua menit kemudian bilas dan Anda akan memiliki waktu yang mudah dengan ketombe Anda.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki begitu banyak kegunaan di rumah, dan orang merekomendasikannya untuk semua jenis obat alami. Dokter kulit bersertifikat Drjanet Prystowsky memberi tahu Bustle bahwa, “Minyak pohon teh dapat menjadi pengganti alami yang baik bagi orang-orang yang tidak menyukai perawatan ketombe tradisional. Ada beragam sampo dengan minyak pohon teh di dalamnya yang bisa Anda pilih. “

Untuk kulit kepala Anda, minyak pohon teh akan membantu Anda mengatasi ketombe. Shampo yang mereka miliki hanya 5% minyak pohon teh membantu mengendalikan ketombe, jadi masuk akal untuk mengambil minyak pohon teh yang sudah Anda miliki di sekitar rumah Anda dan mencampurnya dengan sampo favorit Anda.

three. Baking Soda

Obat alami lain yang bisa menyembuhkan segala sesuatu mulai dari noda di pakaian Anda, hingga ketombe di kulit kepala Anda: baking soda. Daripada mencampurkannya dengan sampo Anda, cuci rambut Anda seperti biasa. Kemudian, ketika rambut Anda masih lembab, ambil sedikit baking soda dan gosokkan ke kulit kepala Anda. setelah itu, bilas sepenuhnya. Ini akan membantu Anda mengendalikan ketombe.

Ini mungkin sedikit mengeringkan rambut Anda pada awalnya, tetapi begitu Anda mempertahankannya, kelembabannya akan kembali. “Ulangi seperti yang Anda lakukan dalam jadwal rutin mencuci rambut Anda,” tambah Colòn.

four. Cuka Sari Apel.

Ini tidak hanya baik untuk menyingkirkan lalat buah. Cuka sari apel juga merupakan obat rumahan yang bagus untuk ketombe. Keasaman di dalam cuka membantu mengubah keseimbangan PH kulit kepala Anda, dan ini akan membantu memastikan kulit kepala Anda mengalami ragi yang sulit tumbuh.

campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan seperempat cangkir air dalam botol semprot dan semprotkan ke kulit kepala Anda. Bungkus kepala Anda dengan handuk dan tunggu sekitar lima belas menit sebelum membilas rambut Anda. dokter kulit Geeta Shah, MD mengatakan, “Anda ingin mencairkannya … Saya merekomendasikan setengah dan setengah larutan cuka, setengah air.”

5. Obat kumur.

Jika Anda memiliki kasus ketombe ringan, menggunakan obat kumur yang sudah Anda miliki di kamar mandi seringkali menjadi solusinya. Cuci rambut Anda dengan sampo normal, tetapi bilas dengan obat kumur berbasis alkohol. Ikuti terus dengan kondisioner Anda untuk menjaga kelembaban di rambut Anda. Sifat antijamur yang ada dalam obat kumur akan membuat ragi lebih sulit tumbuh di kulit kepala Anda dan mencegah ketombe.

Namun penata rambut selebriti Daven Mayeda mengatakan, “Listerine mungkin hanya bekerja untuk merawat ketombe. Bahan-bahan dalam Listerine seperti mentol, eucalyptol, methyl salicylate, dan thymol mengandung sifat antijamur. itu adalah obat yang bagus untuk kasus-kasus kecil, tetapi mungkin tidak cukup kuat untuk kasus-kasus sedang hingga berat. “

6. Lemon.

Pergi ke dapur Anda dan memilih beberapa buah jeruk yang telah Anda nongkrong, yaitu lemon. Jika Anda tidak memiliki lemon, jus lemon akan bekerja sama. Yang Anda butuhkan hanyalah dua sendok makan jus lemon. Setelah memijatnya langsung ke kulit kepala, Anda ingin membilasnya. Anda juga bisa mencampurkan jus lemon dengan minyak kelapa untuk memijat rambut Anda sebelum membilasnya dengan air yang dicampur dengan jus lemon setiap kali Anda mencuci rambut. Ulangi ini sampai Anda bebas ketombe. Menurut mantan pengacara Megha Katheria, “Lemon dan minyak kelapa memiliki sifat anti-jamur. asam dari lemon dapat memotong lapisan ketombe, sehingga membantu penyerapan yang lebih baik dari minyak kelapa ke kulit kepala dan batang rambut.”

7. Garam.

Wanita sudah menemukan kegembiraan dari scrub garam lemon agar kaki mereka terkelupas sebelum bercukur. Garam juga berfungsi baik untuk membantu melonggarkan dan menghilangkan ketombe sebelum Anda keramas. Ini dapat digunakan dengan obat lain untuk memastikan Anda melepaskan semua ketombe dari kulit kepala Anda. sementara obat lain dapat membantu dalam jangka panjang, garam akan memastikan Anda tidak diisi ketombe setelah mandi. Pikiran terakhir

Ketombe adalah kondisi yang sangat mengganggu yang harus dihadapi. Untungnya, itu juga sangat umum. itu berarti ada banyak cara bagi Anda untuk menangani masalah yang Anda alami ketika datang ke kulit kepala yang terkelupas. Solusi ini akan membantu Anda mengatasi masalah ketombe dan memberikan kulit kepala yang halus dan bersih.