Spiky outdoors, but sweet inside – siapa yang tidak suka kelezatan buah nanas? Selain menyegarkan dan rendah kalori, buah nanas juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh wanita. Penasaran akan manfaat buah nanas? Simak!

1. Kaya vitamin dan mineral
Apakah kamu tahu bahwa buah nanas sangat kaya akan vitamin C dan manganese yang baik untuk kesehatan sistem imun dan menjaga metabolisme? Manganese penting untuk kesehatan tulang, metabolisme, kesembuhan luka, dan mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, buah nanas juga mengandung protein, serat, vitamin B6, zat besi, folat, potasium, dan magnesium.

2. Melawan penyakit
Buah nanas mengandung banyak antioksidan seperti flavonoid dan phenolic acid yang bisa membantu tubuh melawan stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas. Nah, antioksidan dalam buah nanas bisa melawan inflamasi, sistem imun tubuh yang rendah, dan banyak penyakit lainnya. Ditambah lagi, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah nanas juga baik untuk kesehatan mata.

Baca juga: 6 Tips Penting Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba!

3. Mengurangi risiko kanker
Kanker diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak regular, dan prosesnya dipicu oleh stres oksidatif dan inflamasi kronis yang berlebihan. Beberapa studi telah membuktikan bahwa kandungan dalam buah nanas dapat menurunkan risiko kanker, khususnya enzim bromelain.

four. Melancarkan pencernaan
Berdasarkan riset oleh University of Maryland Medical Center, buah nanas sudah digunakan sejak dulu oleh penduduk Amerika Selatan untuk menyembuhkan sakit perut dan inflamasi. And sure, buah nanas telah terbukti mengandung enzim bernama bromelain yang bisa digunakan sebagai obat untuk banyak kondisi kesehatan. Untuk mendapat khasiat bromelain, kamu perlu blender nanas menjadi jus untuk mengekstrak enzim tersebut.

> Kandungan bromelain dalam buah nanas dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan siklus menstruasi, mengurangi sakit kram saat datang bulan, dan meredakan rasa kembung.
5. Meningkatkan sistem imun
Yes, it’s confirmed! Sebuah riset membuktikan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi buah nanas selama 9 minggu mengalami kenaikan sistem imun dan peningkatan jumlah sel darah putih. Studi lainnya menemukan bahwa suplemen bromelain juga bisa membantu anak-anak yang menderita sinus.

Baca juga: Cara Mudah Memperkuat Sistem Imun Tubuh

6. Mempercepat proses pemulihan
Did you understand? Buah nanas dapat mempercepat proses pemulihan setelah operasi atau olahraga berlebihan, lho. Yup, due to bromelain once more! Enzim ini mengandung properti anti-inflamasi yang bisa meredakan luka, memar, dan sakit yang dirasakan setelah menjalankan operasi. How wonderful is that?

(Image: doc. freepik.com)