Manfaat buah apelBola.com, Jakarta – Apelatau dalam bahasa Inggris disebut apple adalah salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Malus domestica ini biasa dijadikan pencuci mulut, alias makanan penutup.

Tak kalah dengan buah-buahan lainnya, apel juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Apel juga disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Menurut Medical News Today, apel masuk ke dalam 10 menu makanan sehat. Buah ini kaya antioksidan, flavonoid, dan serat makanan. Kandungan tersebut sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko kanker , hipertensi , diabetes , dan penyakit jantung. Banyak ahli gizi menyarankan apel agar dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi nutrisi harian tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam buah apel meliputi karbohidrat, serat, vitamin C, potasium, vitamin K. Buah ini juga mengandung mineral, vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6.

Saking banyaknya nutrisi yang terkandung, buah apel memberikan banyak manfaat pula untuk kesehatan dan kecantikan seperti berikut.

1. Cegah Penyakit Stroke
Manfaat buah apel yang pertama adalah mencegah penyakit stroke. Sayangnya, masih ada yang belum mengetahui terkait manfaat buah apel untuk mencegah penyakit ini.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of American Heart Association, daging buah apel yang berwarna putih mampu mengurangi risiko dari penyakit stroke.

Apel dengan daging putih mengandung senyawa Phytochemical seperti karotenoid (warna merah, kuning & oranye pada buah dan sayur) dan Flavanoid di mana keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi satu buah apel rutin setiap hari akan mencegah seseorang dari penyakit stroke.

2. Bantu Menurunkan Berat Badan
Apel memiliki kandungan mineral dan serat cukup tinggi. Sebuah studi mengungkap orang yang mengonsumsi beberapa potong apel merasa lebih kenyang dibandingkan meminum jus apel atau produk makanan dengan varian apel.

Studi lain menemukan, wanita yang mengonsumsi apel dalam diet hariannya selama 10 minggu, berhasil memangkas satu kilogram bobot tubuhnya. Manfaat ini menunjukkan bahwa apel adalah cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak tubuh.

3. Memelihara Kesehatan Jantung
Rajin mengonsumsi apel rutin setiap hari dapat memelihara kesehatan jantung. Khasiat ini terjadi lantaran serat dalam apel dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan baik untuk kardiovaskular.

Buah apel juga memiliki senyawa polifenol dan antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah. Asupan ini juga dikaitkan dengan risiko terkena stroke lebih rendah 20 persen.

Selain itu, kandungan serat dalam apel juga dapat menurunkan kadar kolsterol jahat dalam darah. Dengan begitu, kesehatan jantung juga akan meningkat.

four. Meningkatkan Kinerja Otak
Sebuah penelitian pada 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology and Medicine menemukan bahwa kuersetin (salah satu antioksidan yang ditemukan melimpah di apel) merupakan salah satu dari dua senyawa yang membantu mengurangi sel mati penyebab menurunkan kinerja otak.

Studi dalam Journal of Alzheimer’s Disease juga menyarankan untuk mengonsumsi buah apel yang dipercaya mampu meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin esensial pada otak guna meningkatkan daya ingat.

5. Baik untuk Pengidap Diabetes
Buah apel sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki risiko penyakit diabetes atau kadar gula tinggi. Apel mengandung antioksidan flavonoid yang berperan dalam membantu melawan peradangan yang berkaitan dengan diabetes.

Menurut Medical News Today, asupan flavonoid dari buah apel dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Alasannya, buah apel mengandung senyawa antioksidan dan anti-iflamasi.

Terlebih lagi, buah apel mengemas beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga dan vitamin C yang juga memerangi peradangan pada pasien diabetes. Apel juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 Anda karena kandungan serat dan antosianinnya.

6. Melawan Kanker
Buah apel mengandung berbagai senyawa yang dapat berperan sebagai antikanker.

Jangan lewatkan yang ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa food regimen kaya buah-buahan, termasuk apel, dapat melindungi tubuh dari beberapa sel kanker, termasuk kanker paru-paru, lambung, dan kandung kemih.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa buah-buahan kaya flavonoid seperti apel juga dapat melindungi terhadap kanker payudara dan ovarium, menjadikan buah ini pilihan yang sangat cerdas untuk wanita.

Sumber: Medical News Today

*
*