Siapa sih yang gak mengenali buah yang satu ini? Yup, karena apel memang merupakan salah satu buah yang cukup populer di belahan dunia. Buah ini mudah ditemui di pasaran karena dari anak-anak sampai orang dewasa sepertinya gemar makan apel. Selain manfaatnya yang bagus untuk kesehatan, buah ini juga memiliki banyak jenis yang beragam. Yuk kenali enam jenisnya berikut ini.

1. Apel fuji
Pixabay.com/Larisa-KApel fuji adalah jenis apel yang bisa dibilang paling populer di kalangan masyarakat. Karena memang apel yang satu ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Bentuknya bulat dan ukurannya lebih besar dari jenis apel yang lain. Apel fuji memiliki warna merah muda yang tidak merata. Namun rasanya tetap yang paling banyak digemari. Jenis apel ini juga cukup populer di Jepang, Korea, Tiongkok, dan juga di Amerika.

2. Granny smith
Pixabay.com/julenkaSebenarnya jenis apel ini berasal dari Australia, namun di Indonesia sudah banyak dibudidayakan. Jadi gak susah nyarinya! Apel granny smith ini memiliki warna kulit yang menarik karena warna hijaunya yang mengkilat. Ukurannya sedang dan lebih kecil jika dibandingkan dengan apel fuji. Meski sedikit asam, tapi rasanya gak kalah enak dari apel jenis lain. Justru rasa asam di daging buahnya mampu memberikan rasa segar di mulut.

3. Apel manalagi
Wikipedia.orgJenis apel selanjutnya adalah apel manalagi. Warna kulitnya cenderung kekuningan. bentuk jenis apel yang satu ini sedikit lonjong dari apel granny smith. Rasanya yang cenderung manis pas banget di lidah. Kandungan air di dalamnya juga cukup banyak, jadi sangat segar bila digigit.

Kamu juga bisa menemukan apel manalagi yang ukurannya jauh lebih kecil, yakni manalagi cherry. Seperti namanya, manalagi cherry memang mirip dengan buah cherry. Namun warnanya tetap kekuningan dan rasanya juga gak kalah enak dari apel manalagi besar.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks
Baca Juga: 5 Cara Memilih Buah Apel yang Cocok untuk Dikonsumsi, Segar!

four. Apel Washington
Unsplash.com/Roberta SorgeDari namanya pasti kamu sudah bisa menebak dari mana asalnya bukan? Dan ya benar sekali, apel jenis yang satu ini berasal dari Washington, Amerika Serikat. Warna kulitnya sangat menarik, yakni berwarna merah tua yang mengkilat. Rasanya gak kalah manis dari apel jenis lain. Apel washington sepertinya paling banyak ditemui di pasaran. Karena warna buah apel jenis ini memang menggiurkan dan harganya juga gak terlalu mahal.

5. Royal gala
Unsplash.com/PixabayApel royal gala berasal dari Selandia Baru. Bentuk apel jenis ini cenderung bulat dan ukuranya ada yang kecil sampai sedang. Royal gala memiliki warna kulit yang tergantung dengan tingkat kematangannya, yakni warna kuning dengan garis-garis merah pekat dan juga merah muda. Kulitnya agak tipis dibanding jenis apel yang lain. Jadi daging buahnya tebal berwarana agak kekuningan. Rasanya cukup manis segar cocok di lidah dengan aroma yang khas.

6. Golden scrumptious
Unsplash.com/Tim MossholderApel jenis golden scrumptious merupakan salah satu jenis apel yang populer dari Amerika Serikat. Bentuknya bulat dan berukuran sedang. Kulitnya berwarna hijau agak kekuningan yang hampir mirip dengan warna keemasan. Golden delicious mengandung air yang cukup banyak dan juga memiliki rasa yang asam manis yang segar jika dikonsumsi pasa siang hari.

Wah apel yang sering kita makan ternyata memiliki nama dan jenis yang berbeda-beda!

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Apel, Cocok Untuk Takjil Buka Puasamu!

Verified Writer Akromah Zonic “Sometimes to stay alive, you gotta kill your thoughts” (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.