CES 2020
CNN Indonesia | Rabu, 08/01/ :17 WIB

Laptop dengan layar lipat menjadi salah satu jenis laptop anyar inovatif yang dipamerkan di CES 2020 (Lenovo) Jakarta, CNN Indonesia — Pabrikanlaptop di dunia memamerkan perangkat gawai inovatif di CES 2020. Beberapa laptop computer yang dipamerkan pada gelaran ini memamerkan kemampuan layar lipat. Namun, tidak semua perangkat yang dipamerkan di tempat ini segera hadir ke pasar. Beberapa produk yang ditampilkan bahkan baru berupa prototipe.

CES 2020 merupakan pameran elektronik terbesar dunia yang berlangsung di Las Vegas, Nevada mulai 7-10 Januari 2020. Sejumlah perusahaan elektronik seperti Samsung, Sony, Microsoft bergabung dalam pameran itu.

Berikut jajaran laptop unik mulai dari Dell sampai Acer.

1. Laptop layar lipat Dell Ori

Nama Ori diambil dari kata origami lantaran laptop ini bisa dilipat-lipat. Total lebar layar laptop computer sebelum dilipat selebar thirteen,four inci. Sehingga ketika dilipat, laptop computer ini menjadi perangkat laptop berukuran kecil. Layarnya menggunakan layar OLED dengan resolusi 4K.

Meski begitu, belum ada informasi rinci terkait spesifikasi lain dari Dell Ori. Namun disebut-sebut perangkat ini akan didukung sistem operasi Windows 10X seperti diberitakan Digital Trends.

2. Laptop layar ganda Lenovo ThinkPad X1 Fold

Lenovo ThinkPad X1 Fold (Lenovo)
Perangkat layar ganda Lenovo ThinkPad X1 Fold bakal dirilis pertengahan 2020 dan dibanderol mulai dari US$2,499 atau sekitar Rp34 juta (US$1 = Rp13,905), dilansir Business Insider.

Serupa Dell Ori, Lenovo ThinkPad XI Fold memiliki layar OLED thirteen,three inci dengan piksel 2.048 x 1.536. Selain itu, laptop computer ini didukung prosesor Intel Hybrid Technology, dengan penyimpanan 8GB LPDDR4X (4,267MHz) dan SSD 1 TB.

three. Lenovo ThinkBook Plus

Lenovo ThinkBook Plus (Lenovo)
Berbeda dengan ThinkPad X1 Fold yang punya layar lipat seperti Samsung Galaxy Fold, Lenovo ThinkBook Plus menyematkan dua layar pada laptopnya. Pada bagian sampul dan bagian dalam laptop.

Layar bagian dalam berukuran 13,three inci Full HD. Sementara pada bagian sampul menggunakan layar e-Ink. Perangkat ini juga didukung Lenovo Precision Pen, seperti diberitakan Trusted Reviews.

Lenovo ThinkBook Plus akan mulai dipasarkan pada Maret 2020 dan dibanderol US$1,199 atau sekitar Rp16 juta (US$1 = Rp13,905).

[Gambas:Video CNN]

four. ASUS Zephryus G14

ASUS Zephryus G14 (ASUS)
ASUS mendebutkan laptop computer gaming terbaru yakni ASUS Zephryus G14. Perangkat ini didukung prosesor milik AMD, Ryzen 4000 generasi terbaru dan dapat dikonfigurasi dengan GPU Nvidia RTX 2060.

Layar 14 inci laptop computer ini menggunakan layar 1080 P, dengan refresh price one hundred twenty Hertz. Pilihan lain 2560×1440 piksel dengan 60 Hertz.

Sebagai laptop gaming, ASUS Zephryus G14 tergolong ringan. Sebab, laptop computer ini punya berat 1,5 kilogram. Bagian sampul laptop computer juga dilengkapi dengan LED.

Dilansir Gizmodo, perangkat memiliki ukuran layar 14 inci. Untuk mendukung ketahanan baterai laptop, perusahaan asal Taipei ini bateri a hundred and eighty watt.

5. Acer TravelMate P6

Acer TravelMate P6 (Acer)
Laptop ini drancang sebagai laptop computer yang ringan dibawa-bawa. Acer TravelMate P6 punya bobot 1 kilogram dengan tebal 1,5 sentimeter saja. Baterai pun mampu bertahan hingga 23 jam.

Pengisi daya cepat juga disematkan pada laptop computer ini sehingga bisa mengisi daya 50 persen dalam waktu kurang dari forty five menit, seperti dilansir Tech Radar.

Laptop ini menggunakna layar 15 inci dan didukung prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 serta menjalankan sistem operasi Windows 10 Pro. Selain itu Acer TravelMate P6 juga didukung eSIM dan kontektivitas 4G LTE.

6. Lenovo Flex 5G

Lenovo Flex 5G (Lenovo)
Laptop Lenovo Flex 5G ini menjadi perangkat dengan koneksi 5G pertama di dunia. Laptop ini yang dihargai US$1,500 atau sekitar Rp20 juta.

Laptop 5G Lenovo ini ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 8cx 5G Compute Platfrom, yang mana cipset ini telah dirilis perusahaan pada 2019. Dilansir Digital Trends, untuk mendukung kinerja grafis laptop, Lenovo menyematkan Qualcomm Adreno 680.

Selain berbagai laptop computer teranyar, AMD juga mengklaim kalau performa chipset mereka yang digunakan untuk menjadi otak laptop telah melampaui Intel dan Nvidia. Cipset milik AMD itu memiliki delapan inti Ryzen U yang diklaim dapat meningkatkan kerja perangkat sebesar ninety persen lebih dibanding Intel Core i G7, seperti dilansir CNBC. (din/eks)