Ilustrasi anak. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Rob Marmion Merdeka.com – Karantina mandiri menjadi salah satu cara yang dianjurkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Semua orang diimbau untuk tetap berada di dalam rumah saja agar terhindar dari virus Corona. Namun berdiam diri di rumah, terlebih selama 14 hari tentu bukanlah hal yang mudah. Rasa bosan pasti mudah datang, untuk mengatasinya sebaiknya lakukan kegiatan menyenangkan.

Selama menjalani karantina mandiri di rumah rasa bosan pasti sulit dihindari. Terlebih bagi anak-anak yang biasa menghabiskan waktu dengan bermain di luar. Maka dari itu, peran orang tua dalam hal ini adalah menciptakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak, agar anak merasa betah selama karantina mandiri.

Salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah melakukan beberapa permainan bersama anak. Bagi kamu yang masih bingung permainan apa yang cocok untuk anak selama karantina mandiri di rumah, maka berikut ini rekomendasinya telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Rabu, (15/four).

1. Petak Umpet
Permainan anak pertama yang bisa kamu coba di rumah bersama anak-anak adalah bermain petak umpet. Permainan sederhana ini sangat cocok dimainkan banyak orang. Makin banyak yang bermain akan menambah keriangan.

Kamu bisa bersembunyi di mana pun asalkan jangan di luar rumah. Ingat, kalau kamu sedang menjalani karantina mandiri.

2. Menyusun Puzzle Merdeka.com/shutterstock.com/Brian A Jackson

Permainan anak berikutnya adalah menyusun puzzle yang baik untuk stimulasi otak. Puzzle membantu si kecil melatih kemampuannya dalam menyelesaikan masalah. Tingkat kesulitan puzzle tentunya dapat disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak masing-masing.

three. Ular Tangga Play.google.com

Permainan anak sederhana ini bisa kamu mainkan bersama keluarga saat menjalani masa karantina mandiri di rumah. Game ini dapat dimainkan dengan minimal dua orang dan maksimal empat orang. Permainan ini akan mengingatkan masa kecil kamu sembari mengusir kebosanan bersama anak-anak di rumah.

four. Monopoli Hasbro

Bermain monopoli juga bisa menjadi alternatif mengusir kebosanan. Kamu juga bisa mengajarkan anak dan anggota keluar yang lain terkait finansial sederhana.

Selain menyampaikan pesan banyak berutang bisa menimbulkan kebangkrutan, permainan ini juga mengajarkan strategi pembelian dan pengelolaan aset.

5. Lego

telegraph.co.uk

Lego bisa menjadi salah satu pilihan mainan edukatif untuk si kecil selama menjalani masa karantina mandiri di rumah. Pada saat bermain lego mereka dituntut untuk berpikir bagaimana membuat sebuah bentuk yang sesuai sehingga hal ini dapat melatih daya stimulasi anak dan mendorong anak untuk tumbuh cerdas.

Selain itu, bermain lego juga dapat mengajarkan anak untuk memecahkan masalah, fokus dan perhatian pada detail. Ide-ide simetri, keseimbangan, bentuk dan ukuran dieksplorasi selama anak bermain lego.

[nof] Baca Selanjutnya: 1 Petak Umpet…