Tanaman sering kali dijadikan dekorasi yang memiliki fungsi tak kalah penting bagi ruangan. Tanaman dapat mengubah mood dan suasana menjadi lebih cerah dan hidup. Orang-orang biasanya menggunakan tanaman hias seperti bunga atau tanaman yang memiliki daun berbentuk unik untuk melengkapi ruangannya.

Pohon juga sering menjadi pilihan. Biasanya, pohon dijadikan tanaman pot ataupun dijadikan bonsai. Berikut 5 pohon yang populer dan sering dijumpai sebagai tanaman hias dalam ruangan!

1. Fiddle leaf fig
Pinterest/Gardengoodsdirect Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama pohon kimunding. Pohon ini memiliki daun yang lebar serta mengilap. Karena ukuran daunnya yang cukup besar, pohon ini cocok disimpan di sudut ruangan dengan langit-langit yang tinggi.

Untuk perawatannya, cukup simpan di lokasi dengan cahaya matahari tak langsung. Selain itu, cukup disiram saat tanah sudah dirasa kering saja.

2. Weeping fig
Pinterest/Elledecor Weeping fig merupakan tanaman beringin hias yang cocok bagi para pemula. Tanamanindoor ini dapat membersihkan polutan serta menjaga udara agar tetap bersih dan sejuk.

Bentuk batangnya yang meliuk serta daunnya yang unik, menjadikan weeping fig cukup populer. Jika ingin tanaman ini tetap sehat, pastikan mendapat cahaya tidak langsung dan perhatikan agar tanahnya selalu lembap!

3. Rubber tree
Pinterest/Elledecor Perpaduan warna hijau dan kemerahan menjadi pesona dari tumbuhan satu ini. Memiliki nama Indonesia yaitu karet kebo, pohon yang berasal dari India ini menyukai tempat dengan temperatur sedang. Rubber treesangat cocok bila diletakkan di dekat jendela.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks
Bersihkan debu yang menempel pada daunnya secara rutin! Untuk penyiramannya, tidak usah terlalu sering. Cukup pastikan medianya lembap, namun tidak sampai basah.

Baca Juga: Beringin dan 9 Tanaman Tropis yang Cocok untuk Mempercantik Ruangan

four. Yucca
Pinterest/Goodhousekeeping Pohon yucca memiliki bentuk daun layaknya pedang dan batang yang besar. Tanaman ini mampu bertahan di iklim yang kering dan gersang, serta mampu menyesuaikan diri dengan cepat.

Meski memiliki bentuk yang unik dan terbilang estetis, kamu perlu berhati-hati nih dengan tanaman satu ini! Daunnya yang runcing, panjang, dan kaku ini bisa saja melukai.

5. Money tree
pinterest/thespruce Pohon uang biasanya memiliki batang berbentuk kepangan yang menarik. Tanaman ini juga populer karena dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dan rezeki.

Dalam ilmu fengsui, jika pohon uang memiliki kepangan three atau 5, dipercaya akan membawa kekayaan bagi pemiliknya. Batang dari pohon uang ini, biasanya baru bisa dikepang setelah berusia three-5 bulan.

Untuk perawatannya, kamu cukup lakukan penyiraman rutin sebanyak dua kali sehari. Jangan lupa gunakan pembasmi hama, ya!

Demikian 5 jenis pohon yang cocok banget dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Ada yang kamu sukai?

Baca Juga: Wajib Kamu Miliki, 5 Tanaman Ini Bisa Bikin Rileks