4 Hal Yang Wajib Dilakukan Di Labuan Bajo

Bagi kebanyakan orang di pulau Jawa mungkin jarang mendengar tentang kota Labuan Bajo.

Ya, Labuan Bajo adalah kota nelayan di ujung barat Flores di wilayah Nusa Tenggara timur Indonesia.

Selain sebagai kota nelayan, Labuan Bajo kini juga menjadi salah satu destinasi wisata tersibuk di Flores. Kota ini menjadi titik pemberhentian bagi Anda yang ingin berwisata ke Pulau Komodo.

Semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Komodo membuat pengelola menyiapkan banyak fasilitas tambahan seperti hotel bintang lima di Labuan Bajo sebagai upaya meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan.

Salah satu hal yang paling menarik dari Labuan Bajo adalah saat matahari terbenam mulai berubah warna menjadi jingga. Di sinilah Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Matahari terbenam mampu menciptakan siluet dramatis pulau-pulau kecil yang cukup dekat dengan pelabuhan. Selain bisa menikmati panorama sunset yang menakjubkan, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini. Berikut adalah 4 hal yang dapat dilakukan di Labuan Bajo

Mengunjungi objek wisata Air Terjun Cunca Wulang

Cunca Wulang merupakan objek wisata air terjun yang terletak sekitar 300 meter di sebelah timur kota Labuan Bajo.

Ada sekitar 3 air terjun di cuncan wulang, namun untuk dapat mencapai keindahan air terjun tersebut anda masih harus melakukan trekking, melewati hutan selama kurang lebih 30 menit.

Anda tidak perlu khawatir karena trekking ini bukanlah aktivitas yang cukup berat. Setelah trekking, nantinya Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi mirip dengan tebing green canyon dan juga air sungai dengan warna biru yang sangat jernih.

Di sini kamu bisa mencoba melompat dari tebing dengan ketinggian sekitar 3 hingga 10 meter, seperti di film Breaking Dawn.

Trekking di Taman Nasional Loh Liang

Jika Anda ingin menikmati habitat asli satwa asli Indonesia, ini adalah tempat yang tepat. Taman Nasional Loh Liang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo. Anda bisa melihat dari dekat bagaimana kehidupan komodo yang sebenarnya.

Untuk dapat mencapai Taman Nasional Loh Liang Anda harus menempuh perjalanan dengan perahu selama 3 sampai 4 jam. Perjalanan panjang akan terbayar saat sampai di tempat.

Taman Nasional Long Liang menawarkan pemandangan sabana yang sangat indah, tak kalah dengan Taman Nasional Baluran.

Nikmati panorama matahari terbenam di pulau kelelawar

Dengan mengunjungi pulau ini kamu akan ditawari populasi kelelawar yang super besar. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah saat matahari terbenam.

Sambil berbaring di atas perahu, Anda bisa memandangi pemandangan kelelawar yang terbang di langit jingga tanpa begitu menakjubkan.

Menyelam, snorkeling, dan perjalanan perahu

Berkunjung ke Labuan Bajo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba aktivitas menarik, seperti scuba diving, dan snorkeling, karena di sinilah Anda akan dapat menemukan berbagai biota laut yang masih sangat alami dan sayang untuk dilewatkan.

Di sini kamu bisa menyelam dengan dua instruktur dalam 1 grup sehingga kamu benar-benar puas menikmati keindahan bawah lautnya. Sebelum mulai menyelam, Anda akan diberi pengarahan terlebih dahulu tentang tempat-tempat menarik untuk menyelam, topografi, dan juga rencana menyelam.

Dan selama menyelam Anda akan menemukan banyak makhluk laut yang menarik, seperti pari manta, kerapu, tuna, ikan pari bintik biru, ular laut, dan lain-lain.

Nah itulah 4 tempat wisata menarik di Labuan Bajo yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat