4 Aplikasi Peta Digital Terbaik Untuk Mudik Lebaran

Tak terasa perjuangan di Bulan Suci Ramadhan akan segera berakhir dan Idul Fitri sudah menyapa di depan mata.

Seminggu menjelang Idul Fitri, jalan-jalan menuju kota-kota tertentu mulai dipenuhi kendaraan bermotor. Baca juga Aplikasi Menarik Khusus Mudik Lebaran di artikel sebelumnya.

Masyarakat di sejumlah kota besar sibuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor.

Melakukan perjalanan mudik bukanlah hal yang sepele karena pengemudi akan menempuh jarak yang cukup jauh sehingga membutuhkan persiapan yang matang, baik fisik, mental maupun kendaraan.

Agar tidak terjebak dalam situasi macet seiring arus mudik yang semakin meningkat, ada baiknya pengendara mengetahui jalur alternatif yang bisa digunakan untuk pulang kampung.

Perkembangan dunia gadget yang semakin maju mendorong sejumlah developer untuk membuat aplikasi peta digital yang menarik.

4 Aplikasi Peta Digital Terbaik Untuk Mudik Lebaran

Berikut empat aplikasi peta digital yang wajib dipasang di gadget, baik smartphone maupun tablet, agar mudik lancar dan aman.

Lewat mana

Mungkin namanya masih agak asing di telinga, tapi jangan ragukan kehebatan ThroughMana. Selain menampilkan versi website, pengguna juga dapat menggunakan versi aplikasi mobile.

Produk unggulan Anak Negeri ini memiliki lebih dari 120 kamera CCTV yang tersebar luas di Surabaya, Bandung dan Jabodetabek.

Awalnya, aplikasi ini banyak digunakan untuk menghindari kemacetan dan mencari rute alternatif.

Saat ini ViaMana sedang dalam pengembangan dan sudah bisa digunakan untuk mudik. Sebagai bahan pendukung, pengembang juga menambah 15 kamera CCTV yang tersebar di jalur Pantura.

Melalui kamera CCTV, pengguna aplikasi peta digital ViaMana dapat memantau kondisi jalan melalui informasi peta, foto langsung atau video live streaming.

Waze

Ini adalah salah satu aplikasi peta digital paling tepercaya. Wase sebenarnya sudah terintegrasi langsung dengan Google Maps untuk menunjukkan tingkat kemacetan lalu lintas di suatu wilayah tertentu.

Namun, sebaiknya gunakan aplikasi Waze secara mandiri tanpa Google Maps terintegrasi.

Mengapa? Pengguna bisa mendapatkan beberapa manfaat yang lebih optimal.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membentuk komunitas dan berbagi informasi satu sama lain.

Pengguna dapat berbagi informasi tentang rute pulang mereka.

Nantinya semua informasi akan diupdate secara real time berdasarkan berita dan status yang diposting oleh pengguna.

Hebatnya lagi, Waze juga memberikan informasi lengkap tentang lokasi polisi yang bertugas, kondisi lalu lintas yang menghambat kecepatan perjalanan (pindah jalur, kecelakaan, dll), dan kemacetan parah.

Seperti aplikasi navigasi serupa, Waze juga menawarkan banyak fitur keren seperti tampilan 3D, informasi lokasi di area publik, dan petunjuk navigasi suara.

Google Maps

Berbicara tentang aplikasi peta digital, maka Google Maps pasti sudah terpasang di gadget. Aplikasi besutan raksasa internet, Google ini dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS).

Pengguna dipastikan mendapatkan informasi terkini seputar alur mudik selengkapnya.

Terdapat berbagai fitur yang siap memanjakan konsumen, salah satunya adalah fitur navigasi yang memberikan data akurat dibandingkan aplikasi sejenis.

Google Maps telah menginformasikan kondisi lalu lintas secara real time di semua lokasi.

Aplikasi peta digital Google Maps tersedia untuk semua sistem operasi mobile seperti Windows Phone, iOS, Blackberry hingga Android, baik online maupun offline.

Peta Mudik Metro TV

Ini adalah aplikasi peta digital menarik yang wajib dipasang di gadget. Tercatat ada delapan fitur utama yang membuat mudik lebih lancar, seperti Nomor Penting, Kejutan Mudik, Rombongan, Berbagi Informasi, Cari Tempat, Info Terbaru, Peta Interaktif, dan Rute Mudik.

Untuk menikmati semua fitur di atas, pengguna cukup membuat akun menggunakan nomor ponsel atau akun FB mereka.

Pembuatan akun hanya membutuhkan waktu yang singkat, disarankan untuk mendaftar melalui FB. Sayangnya, aplikasi peta digital besutan Metro TV ini hanya tersedia dalam versi Android.