10 Tempat Wisata Paling Hits Di Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi

Apakah anda pernah datang atau mengunjungi tempat wisata di wonosobo? Bagi sebagian orang yang pernah berkunjung ke Wonosobo, lokasi ini berada di daerah pegunungan yang sejuk dan dingin.

Wonosobo merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Temanggung dan Magelang. Lokasi Wonosobo juga diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Semeru.

Karena Wonosobo terletak di daerah pegunungan, banyak potensi alam yang bisa dijadikan tempat wisata di Wonosobo.

Beberapa tempat wisata di Wonosobo juga sudah terkenal, baik di dalam provinsi maupun di luar provinsi. Bahkan kawasan Wonosobo juga pernah dijadikan tempat syuting film layar lebar dan FTV di layar televisi sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

Penasaran dengan tempat wisata di Wonosobo Dieng? Mari kita jelajahi bersama beberapa tempat wisata indah yang bisa kita kunjungi di daerah Wonosobo.

Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo yang banyak dikunjungi masyarakat pada akhir pekan. Lokasi danau ini berada di dataran tinggi Dieng. Tempat wisata ini merupakan danau vulkanik bercampur belerang.

Telaga ini disebut Telaga Warna karena telaga tersebut dapat memantulkan berbagai warna seperti biru, hijau atau kuning. Itulah salah satu pantulan warna menarik dari danau ini yang menjadi daya tarik tersendiri.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng juga merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo yang terkenal dengan keindahan dan pemandangannya yang menakjubkan.

Banyak wisatawan di akhir pekan yang sengaja menghabiskan waktu di tempat ini dan bermalam di Dataran Tinggi Dieng.

Selain dapat melihat pemandangan yang indah dan sejuk, Anda juga dapat melihat beberapa candi yang merupakan candi Hindu tertua di Indonesia antara lain Candi Semar, Candi Arjuna, dan Candi Srikandi.

Kawah Sisaat

Kawah Sikidang Dieng Terbaru
Kawah Sikidang Dieng Terbaru (Foto Oleh @trhmwt_)

Kawah ini merupakan kawah terluas di kota Dieng dan paling populer untuk dikunjungi wisatawan. Tempat wisata di Wonosobo ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, mushola atau tempat parkir sehingga anda akan merasa nyaman jika mengunjungi kawah ini.

Mengapa disebut Kawah Sisaat? Karena uap air di kawah ini tampak selalu bergerak dan melompat-lompat seperti hewan rusa, maka dari itu kawah ini disebut Kawah Sisaat.

Batu Ratapan Angin

Batu Pandang Dieng adalah nama lain dari objek wisata ini. Tempat wisata ini akan memberikan Anda pemandangan yang menakjubkan. Apalagi karena banyaknya pepohonan, nuansa dan suasananya sangat sejuk dan asri.

Anda akan melihat perpaduan pemandangan alam yang sangat menawan dari atas ketinggian atau puncak. Nantinya, keindahan Telaga Warna bisa dilihat dari sudut pandang ini.

Selanjutnya dari kejauhan Anda akan melihat deretan pegunungan hijau yang memberikan kesan damai dan menyejukkan mata. Selain itu, lokasi ini menawarkan berbagai wahana.

Waduk Wadaslintang

Waduk dengan luas permukaan hingga 2.626 hektar ini layak masuk dalam daftar tempat wisata Wonosobo yang wajib dikunjungi. Pasalnya, waduk ini dikelilingi pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang indah dan eksotis.

Objek wisata Waduk Wonosobo dibangun dengan merelokasi beberapa desa di tengah perbatasan. Suasana waduk ini masih alami, dengan udara sejuk yang berasal dari pepohonan. Waduk ini menjadi favorit banyak wisatawan, baik lokal maupun luar kota, berkat panorama pegunungan yang unik.

Karena pemandangannya yang luas dan alami, beberapa kawasan Waduk Wadaslintang sepertinya cocok untuk hunting foto. Kontur pegunungan di belakang waduk memberikan kesan dikelilingi jajaran pegunungan yang sangat luas.

Bukit Seroja

Bukit Cinta Seroja
Bukit Cinta Seroja (Foto: Instagram @tarzan_liar)

Ingin berkunjung dan berlibur di atas bukit? Bukit Seroja, kawasan wisata di Wonosobo dengan keindahan alam yang sangat menyejukkan, juga tersedia.

Nantinya, dari tempat wisata ini Anda bisa mengagumi keindahan Danau Menjer dari atas. Dengan banyaknya pepohonan dapat memberikan suasana yang sangat santai dan nyaman.

Untuk menghargai keindahan yang ditawarkan objek wisata ini, Anda harus terlebih dahulu mendaki ke lokasinya. Meski lelah, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Belakangan terlihat perkebunan teh yang membentang bermil-mil. Anda bisa menggunakan gazebo dan surau yang telah disediakan.

Gunung Lanang Mergolangu

Tempat wisata di Wonosobo selanjutnya adalah Gunung Lanang Mergolangu. Meski pemandangan alamnya baru, namun masih sangat alami dan memiliki kesejukan air terjun. Sore hari, Anda bisa menikmati keindahan sunset yang kini semakin mudah dijangkau.

Tempat wisata ini terletak di Kalibawang, Mergolangu. Akses yang mudah tidak hanya memudahkan pengunjung untuk berkunjung ke Gunung Lanang, tetapi juga menambah lapangan pekerjaan yang tersedia di kawasan tersebut.

Bukit Siloreng yang Indah

Di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Bukit Siloreng menjadi pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan indah dari berbagai daerah di Banjarnegara, Kebumen, Temanggung, dan Magelang bisa dilihat di sana.

Pendaki bisa istirahat sejenak di Pemandian Kalianget yang jaraknya tidak jauh. Banyak juga orang yang memodifikasi sepeda motor agar bisa digunakan untuk mendaki bukit Siloreng.

Gunung Lanang Mergolangu

Gunung Lanang mergolangu baru-baru ini menjadi tujuan wisata yang populer. Selain pemandangan alam pegunungan yang indah, juga terdapat air terjun yang menambah kesejukan kawasan wisata ini.

Pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari. Akses jalan menuju lokasi ini telah diperbaiki, yang selain meningkatkan pengunjung, dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga di kawasan Gunung Lanang.

Arung Jeram yang Menyenangkan

Arung Jeram Serayu Banjarnegara
Arung Jeram Banjarnegara Serayu (Foto Oleh @etnisgayo)

Wisata pilihan di Banjarnegara ini bisa dijadikan destinasi bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang. Serayu rafting adalah perusahaan arung jeram terbesar di Jawa Tengah.

Sebelum melakukan aktivitas arung jeram, Anda harus memiliki peralatan keselamatan yang tepat dan siap secara fisik. River Camp, Family Camp, Exotic, Middle, dan Excellent hanyalah beberapa kelas yang tersedia untuk mengikuti kegiatan ekstrim ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo yang bisa dijadikan referensi bagi Anda saat berkunjung ke daerah Wonosobo.

Untuk menuju ke tempat wisata tersebut anda juga tidak perlu bingung karena banyak terdapat transportasi dan jalan yang mudah untuk dilalui berbagai macam kendaraan, sehingga anda tidak perlu susah untuk menuju berbagai tempat wisata di wonosobo. Namun, jalan menanjak dan berkelok-kelok di kawasan ini harus Anda waspadai.

Rasanya ada yang kurang jika kita pulang tanpa membawa oleh-oleh dari Wonosobo. Di tempat wisata Wonosobo juga terdapat berbagai macam oleh-oleh yang disediakan oleh warga sekitar.

Ada berbagai macam oleh-oleh khas Wonosobo seperti sagon, carica, purwaceng atau bisa juga mencicipi mie ongklok khas Wonosobo. Selain oleh-oleh, Anda juga akan dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang disediakan seperti penginapan dan restoran.

Tertarik untuk datang ke tempat ini? Undang teman atau keluarga untuk menambah keramaian liburan Anda.