10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Tingkat Dunia

Pariwisata di Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya. Negeri seribu pulau ini memang tak perlu diragukan lagi keindahan alam dan warisan budayanya.

Setiap pulau di Indonesia memiliki ciri khas dan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. dari pulau sabang hingga pulau merauke paling timur, memiliki hamparan pemandangan yang sangat luar biasa keindahannya.

Mulai dari kekayaan laut hingga pegunungan, negara Indonesia tercinta ini juaranya. Mulai dari pantai, gunung, cagar budaya dan peninggalan sejarah.

Apakah Anda orang yang suka touring atau ingin liburan tapi tidak tahu harus kemana?

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, selain itu Indonesia juga memiliki sejuta keunikan budaya daerah yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dunia.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Indonesia yang terkenal di dunia dan layak untuk Anda kunjungi atau menjadi tujuan wisata keluarga Anda.

Pulau Bali

Siapa yang tidak mengenal Bali? Pulau yang juga disebut Pulau Dewata ini memiliki banyak keunikan budaya. Bali merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan asing. Ribuan wisatawan mengunjungi Bali setiap hari untuk menikmati keindahan pantai Bali yang kental dengan budaya khas lainnya dari pulau lain.

Bali merupakan daerah yang memiliki tempat wisata yang sangat indah. Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk datang ke Indonesia. Di antara tempat wisata paling populer di Bali antara lain Kuta, Ubud, Nusa Dua, Pulau Seminyak, Pantai Sanur, Tanjung Benoa, Legian, Ungasan dan masih banyak lagi.

Raja Ampat

Raja Ampat
Raja Ampat

Pulau Raja Ampat kini menjadi primadona baru di Dunia Pariwisata Indonesia. Keindahan Raja Ampat mulai dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Banyak investor yang datang ke pulau ini karena Raja Ampat menjadi terkenal di dunia, karena pemerintah daerah dan pusat telah mempromosikan Laut Raja Ampat melalui banyak media agar cepat dikenal oleh masyarakat dan negara lain.

Raja Ampat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga merupakan salah satu tempat selancar terbaik di dunia. Hampir 75% biota laut dunia berada di Laut Raja Ampat.

Jika ingin berkunjung ke Raja Ampat sebaiknya datang pada bulan Oktober atau November, karena menurut banyak pengunjung, bulan ini merupakan bulan yang ideal untuk menjelajahi alam bawah laut Raja Ampat.

Di Raja Ampat terdapat beberapa pulau yang menjadi tujuan wisata oleh banyak wisatawan diantaranya pulau Misool, Waigeo, Batanta dan Salawati.

Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata Indonesia ini lebih dikenal dengan TMII atau Taman Mini Jakarta. Taman ini diprakarsai oleh almarhum Ibu Tien Suharto. Di tempat ini Anda akan melihat semua pulau yang ada di Indonesia. Karena di taman mini Indonesia yang indah ini terdapat pulau buatan yang terdiri dari seluruh pulau yang ada di Indonesia.

Di sini Anda juga bisa melihat semua pendopo atau rumah adat di setiap provinsi di Indonesia. Tempat ini selalu ramai pengunjung dan akan meningkat 30% pada hari libur. Beberapa orang mengatakan bahwa TMII adalah tempat wisata paling populer di Indonesia.

Alasannya selain mudah dijangkau, karena dengan sekali kunjungan Anda akan seolah-olah sudah keliling Indonesia. Semua pulau, budaya di seluruh nusantara ada di TMII.

Candi Borobudur

Tempat wisata berupa pura ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Bahkan UNESCO telah menetapkan Candi Borobudur sebagai situs Warisan Budaya Dunia.

Jauh sebelum Angkor Wat berdiri di Kamboja dan katedral-katedral besar ada di Eropa, Candi Borobudur telah berdiri gagah di tanah Jawa.

Bangunan yang disebut oleh UNESCO sebagai monumen dan kompleks stupa termegah dan terbesar di dunia ini pernah dikunjungi para peziarah pada pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-11. Umat ​​Buddha yang mencari pencerahan berduyun-duyun ke India, Kamboja, Tibet, dan Cina.

Tidak hanya megah dan besar, dinding Candi Borobudur dipenuhi 2.672 panel relief yang jika disusun berjajar akan mencapai panjang 6 km! Hal ini juga dipuji sebagai ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, tak tertandingi dalam nilai seni.

Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo juga dikenal sebagai habitat asli komodo. Pulau ini merupakan lokasi Taman Nasional Komodo.

Pulau Komodo terletak di bagian barat Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Sape, termasuk lokasi Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pulau Komodo merupakan habitat asli komodo dan berkembang biak dengan baik. Selain komodo, pulau ini dapat menampung berbagai flora eksotis, pohon kayu sepang yang digunakan penduduk setempat sebagai obat dan pewarna pakaian, pohon nitak (Sterculia oblongata) yang dipercaya bermanfaat sebagai obat dan bijinya sangat enak. untuk dijadikan makanan ringan.

Danau Sentani

Danau Sentani
Danau Sentani

Selain Raja Ampat, Papua juga memiliki tempat wisata yang terkenal di dunia yaitu Danau Sentani. Danau Sentani adalah salah satu danau terbesar di Papua. Luasnya mencapai 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut (dpl).

Danau Sentani kaya akan biota laut dan satwa endemik khas Papua. Salah satu daya tarik Danau Sentani adalah keberadaan hiu gergaji (Pristis microdon). Namanya hiu gergaji karena giginya berjajar seperti gergaji yang pasti sangat tajam. Hiu ini juga dikenal sebagai ‘hiu sentani’ karena hanya ada di tempat ini.

Danau Sentani kaya akan berbagai biota laut. Oleh karena itu, Danau Sentani paling populer di kalangan wisatawan untuk berenang, berkano, menyelam, memancing, dan ski air.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken

Bunaken merupakan salah satu tempat wisata Indonesia yang terkenal di kancah internasional. Bunaken kini telah menjadi ikon kuat di Manado, Sulawesi Utara, Taman Laut Bunaken merupakan potensi wisata bahari yang sedang booming dan menarik perhatian dunia.

Banyak foto Bunaken yang menebarkan pesonanya dari segi pantai dan pemandangan bawah lautnya yang jernih. Berbagai terumbu karang hidup pada kontur dasar laut dengan kedalaman yang berbeda-beda. Biota laut yang hidup bebas dan beraneka warna menghiasi dunia bawah laut Bunaken.

Di Bunaken terdapat sekitar 58 jenis terumbu karang dan 2.000 jenis ikan. Diantaranya adalah Ikan Kuda Gusumi (Hippocampus), Oci Putih (Seriola rivoliana), Lolosi Ekor Kuning (Lutjanus kasmira), Kerapu (Epinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), Ila Gasi (Scolopsis bilineatus) dan masih banyak lagi. Selain itu, banyak hewan laut langka yang dapat ditemukan di Bunaken, seperti coelacanth, duyung, paus, lumba-lumba, dan penyu.

Tak salah jika beberapa tokoh dunia menjuluki Bunaken sebagai taman laut terindah di dunia. Seperti peneliti dan ahli biologi Alfred Russel Wallace di th. 1895, Pangeran Bernhard dari Belanda th. 1978, dan Ratu Beatrix, putri Bernhard, th. 1995. Pamor Bunaken semakin mendunia di th. 2009 setelah 2.600 penyelam dari beberapa negara menyelam bersama di Bunaken untuk memecahkan rekor dunia.

Puncak Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya adalah barisan pegunungan yang terbentang di provinsi Papua Barat & Papua (Indonesia) hingga Papua Nugini di pulau Irian. Ada 6 puncak di pegunungan Jayawijaya diantaranya Puncak Jaya (dulunya Puncak Carstenz Pyramide), Puncak Meren, Puncak Northwall, Puncak Ngga Pulu, Puncak Sudirman, dan Puncak Trikora. Puncak dengan salju abadi hanya ada di empat puncak pertama.

Namun sayangnya salju abadi ini mulai mencair akibat perubahan iklim global. Bagi para pendaki gunung, mendaki Pegunungan Jayawijaya adalah sebuah impian. Bagaimana tidak, di salah satu puncak gunung tersebut terdapat titik tertinggi di Indonesia yaitu Carstensz Pyramide dengan ketinggian sekitar 4.884 meter di atas permukaan laut.

Tak heran jika para pendaki gunung top dunia selalu berlomba-lomba mendaki salah satu titik yang masuk dalam deretan tujuh puncak benua itu. Apalagi dengan hadirnya salju abadi yang selalu menutupi puncaknya, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Gunung Bromo

Gunung Bromo
Gunung Bromo

Jangan bilang pernah ke Jawa Timur kalau belum menginjakkan kaki di gunung yang indah ini. Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru unik dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut.

Di sini Anda bisa naik dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat matahari terbit. Lihat bagaimana pesona pesona Matahari saat matahari terbit dan terbenam akan menjadi pengalaman pribadi yang imersif saat Anda melihatnya. Gunung Bromo adalah arti dari kata Brahma (salah satu Dewa dalam agama Hindu).

Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan menjadi icon wisata paling populer di Jawa Timur. Gunung ini tidak sebesar gunung berapi lainnya di Indonesia namun memiliki pemandangan yang spektakuler dan dramatis, sehingga tidak jarang lokasi ini membuat para produser film untuk syuting lokasi Gunung Bromo.

Dari puncak Gunung Penanjakan di ketinggian 2.770 m, wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat matahari terbit Gunung Bromo. Di sini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan dan tak terlupakan. Tak terbayangkan saat ini yang terdengar adalah suara jepretan kamera wisatawan untuk mengambil gambar yang tidak akan pernah terlihat di tempat lain.

Kepulauan Gili

Kepulauan Gili Lombok juga merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia paling populer di dunia, Kepulauan Gili merupakan kepulauan dari tiga pulau kecil: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Pulau yang sangat tenang dan damai, dengan banyak kafe tepi pantai dan tidak ada mobil atau sepeda motor yang mengganggu ketenangan tempat ini. Perhatikan bahwa nama “Kepulauan Gili” agak berlebihan karena gili, yang berarti “pulau kecil” di Sasak. Ada banyak pulau lain di sekitar pantai Lombok dengan nama Gili.